Sudah Jadi Mahasiswa Tingkat Akhir? Ini Panduan Buatmu Agar Lekas Lulus

Pusing Tugas Akhir dan Skripsi
Pusing Tugas Akhir dan Skripsi (KalderaNews/Ist)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Menjadi mahasiswa tingkat akhir merupakan impian bagi semua mahasiswa. Fase ini merupakan fase terakhir yang harus dijalani mahasisw di dunia kampus. Fase yang penuh dengan tumpukan tugas akhir, skripsi menunggu, bimbingan skripsi dan revisi. Pada masa ini sudah tidak ada lagi mata kuliah tetapi beban pikiran biasanya lebih berat dibandingan dengan belajar 4 sks.

Predikat mahasiswa tingkat akhir akan kamu sandang bila kamu telah melewati setidaknya masa tiga tahun menjadi mahasiwa. Masa ini sangat krusial karena dianggap sebagai fase penentu masa depan.

BACA JUGA:

Berita baiknya, menjadi mahasiswa tingkat akhir tidak selamanya menyedihkan atau membuat hidupmu stres. Inilah beberapa hal yang harus kamu lakukan jika telah berstatus sebagai mahasiswa tingkat akhir.

Miliki banyak target

Catat hal-hal yang ingin kamu lakukan setelah selesai kuliah nanti. Buat list sebanyak mungkin agar mempermudahmu memilih kelak. Target yang banyak ini dapat mengurangi tingkat stresmu bila gagal pada target pertama. Kamu dapat mencoba mengerjakan target kedua dan seterusnya.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*