Dear Pelajar dan Mahasiswa, Yuk Lakukan 5 Kebiasaan Ini untuk Meningkatkan Kecerdasan




mandi pagi, konsentrasi belajar
Mandi pagi dapat menambah kecerdasan dan menghilangkan stres. (KalderaNews/Ist)

JAKARTA, KalderaNews.com – Sekilas cerdas dan pintar merupakan kata yang mempunyai makna sama atau mirip. Padahal sebenarnya ada hal yang berbeda dari kedua pengertian kata itu. Sejak kecil kita telah diperkenalkan dengan tokoh-tokoh dunia yang cerdas luar biasa seperti Albert Eintein, Thomas Alfa Edison, dan B.J. Habibie dari Indonesia.

Namun, sebenarnya orang cerdas itu seperti apa sih? Bila orang pintar biasanya terkenal karena berprestasi dan menguasai bidang akademik, hal ini karena orang pintar cenderung lebih disiplin dalam belajar. Dan karena kedisiplinannya itu, orang pintas dapat memiliki pengetahuan yang sangat luas.

BACA JUGA:

Hal ini berbeda dengan orang cerdas atau intelligence, yang merupakan bawaan sejak lahir. Kelebihan orang cerdas terletak pada kemampuannya dalam berpikir dengan sangat cepat dan sangat mudah dalam memahami makna dari suatu kondisi.

Uniknya, meskipun bersifat lahiriah atau bawaan lahir, tetapi banyak hasil penelitian yang menyatakan bahwa kecerdasan dapat ditingkatkan. Inilah beberapa cara yang dapat dilakukan sehari-hari untuk meningkatkan kecerdasan.

Mencari hal-hal baru

Saat kamu mencari hal-hal baru, kamu memicu produksi homon dompamin. Hormon ini sangat dibutuhkan untuk menunjang semangatmu dan memberikan stimulasi pada pertumbuhan neuron-neuron baru sehingga akalmu lebih siap dalam menerima banyak pelajaran baru.

Cara yang dapat kamu lakukan untuk meningkatkan produksi hormon dopamine ini adalah pergi ke alam bebas, mempelajari kehidupan yang jauh dari hiruk pikuk kota, pergi ke museum, atau mempelajari alat music baru.  

Membuat challenge sendiri

Beberapa permainan atau gim sering disebut sebagai alat untuk meningkatkan kecerdasan, diantaranya adalah Sudoku dan Tetris. Kecerdasan kita dapat bertambah saat kita mempelajari pola permainan tersebut. Namun, bila kita sudah menguasainya maka kecerdasan yang kita peroleh tidak akan bertambah lagi. Oleh karena itu tantanglah dirimu sendiri untuk memainkan permainan baru yang belum pernah kamu coba dan kuasai sebelumnya. Hal ini akan meningkatkan pola pikirmu juga.

Berpikir kreatif

Berpikir kreatif merupakan hal yang dapat meningkatkan kecerdasan juga. Berpikir kreatif yang dimaksud di sini bukan yang berkaitan dengan senii seperti melukis, menggambar, membuat lagi, atau memainkan alat music. Berpikir kreatif maksudnya adalah sebuah proses yang kamu jalani saat kamu memecahkan permasalahan dengan cara yang kreatif dan praktis.

Lakukan hal sulit

Teknologi yang berkembang dewasa ini memang selalu membantu kehidupan kita sehari-hari, tetapi teknologi yang memudahkan itu menghasilkan dampak  yang buruk terhadap daya ingat. Daya ingat kita dapat turun bila terlalu sering menggantungkan diri pada teknologi tersebut.

Oleh karena itu, mulai lakukan hal-hal dengan cara yang sulit, jangan teralu nyaman dan larut dalam kemudahan teknologi.

Perluas jaringan teman

Jejaring pertemanan yang sempit dapat mengurangi kesempatanmu untuk memperoleh pengalaman-pengalaman baru. Selain itu, memiliki banyak teman juga berarti makin banyak yang akan membantumu saat kamu mendapatkan kesulitan.

Lima kebiasaan baru tersebut dapat kamu terapkan dalam kehidupan sehari-hari untuk meningkatkan keceradasanmu. Yuk, dimulai dari ini dengan konsisten.

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*