Lima Peneliti Muda Meraih Dana Riset dari Program NRC Fellowship 2021

Ilustrasi: Peneliti terbaik Indonesia berdasarkan Science Technology Index (SINTA). (Ist.)
Ilustrasi: Peneliti terbaik Indonesia berdasarkan Science Technology Index (SINTA). (Ist.)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Sebanyak lima peneliti muda meraih pendampingan dan pendanaan riset dari Nutrifood Research Center (NCR) melalui program NRC Fellowship 2021.

BACA JUGA:

Para peneliti muda ini berasal dari universitas swasta dan negeri di Indonesia. Mereka adalah:

  • Irene Christina dari Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya Jakarta. Ia meneliti penggunaan tepung tempe murni sebagai substitusi tepung terigu dalam pembuatan mie basah.
  • Nigel Verrell dari Universitas Kristen Duta Wacana Yogyakarta dengan judul penelitian “Efektivitas Penambahan Biji Labu Sebagai Sumber Asam Amino Triptofan Pada Nutrition Bar Rendah GI Dalam Upaya Penekanan Sugar Craving”.
  • Natasya Teonata dari Universitas Ciputra, Surabaya yang mengajukan penelitian terkait penggunaan pati dan glukomanan untuk mendapatkan tekstur menyerupai lemak. Produk itu akan menghasilkan patty ayam yang lebih rendah lemak dengan cita rasa yang tetap enak.
  • Arvin Wahyo Nor Imam dari Universitas Brawijaya Malang yang mengajukan penelitian daging analog yang memiliki cita rasa yang menyerupai daging asli tetapi memiliki nilai gizi yang lebih sehat.
  • Putu Padmareka Deandra dari Universitas Katolik Parahyangan Bandung yang mengajukan topik riset “Pengembangan Garam Dendritik untuk Mereduksi Penggunaan Garam dalam Produksi Pangan.

Guru Besar FMIPA Institut Pertanian Bogor, Antonius Suwanto mengatakan bahwa para peneliti muda sangat dibutuhkan perannya. Agar kemampuan terus berkembang, peneliti muda harus aktif melakukan riset dengan membaca referensi dari berbagai literatur ilmiah.

Program NRC Fellowship 2021 merupakan upaya mendekatkan dunia industri dengan lingkungan akademik di kampus.

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan di-share pada saudara, sahabat, dan teman-temanmu!




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*