10 Januari, Hari Gerakan Sejuta Pohon Sedunia, Mengajak Kita Melestarikan Pohon




Hari Pohon Sedunia. (Ist.)
Hari Pohon Sedunia. (Ist.)

JAKARTA, KalderaNews.com – Kita akan merayakan Hari Gerakan Sejuta Pohon Sedunia pada 10 Januari 2022 nanti. Peringatan ini mengajak kita semua untuk ikut serta menanam dan melestarikan pohon.

Tentu kita mempelajari bahwa pohon memiliki kemampuan mengurangi kandungan karbondioksida (CO2), serta mengeluarkan oksigen (O2) ke udara yang bermanfaat dalam sistem pernapasan manusia.

BACA JUGA:

Pohon yang bertumbuh dalam jumlah besar, seperti hutan pinus mampu menyerap 60 persen air hujan. Bahkan, spesies hutan berdaun lebar dan tajam juga bisa menyerap sampai 80 persen air hujan. Hal ini tentu bisa meningkatkan pasokan air demi kelangsungan hidup manusia dan mahkluk hidup lainnya.

Pohon yang merupakan spesies utama hutan menutupi hampir sepertiga dari seluruh daratan. Pohon juga menyediakan infrastruktur organik penting bagi beberapa koleksi kehidupan yang paling padat dan paling beragam di planet ini.

Maka, diperingatan Hari Gerakan Sejuta Pohon Sedunia ini, mari kita selalu menanam dan melestarikan pohon di sekitar kita.

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat, dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*