Dr. Budhy Munawar-Rachman Kritisi Gagasan Islam Inklusif Nurcholish Madjid

Dr. Budhy Munawar-Rachman
Dr. Budhy Munawar-Rachman (KalderaNews/Dok. Paramadina)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Fakultas Falsafah dan Peradaban Universitas Paramadina menyelenggarakan Pidato Kebudayaan dalam rangkaian semarak Dies Natalis ke-24 Universitas Paramadina. Pidato Kebudayaan “Cak Nur: Setelah Islam Inklusif, Apa?” menghadirkan Dr. Budhy Munawar-Rachman pada Rabu, 26 Januari 2022.

Ia pun menjelaskan gagasan Islam inklusif Nurcholish Madjid. Islam inklusif adalah trade mark Cak Nur yang dikembangkan sejak tahun 1990-an.

“Gagasan ini muncul karena Cak Nur melihat adanya tantangan yang konkret dalam kehidupan umat beragama di Indonesia yang mempunyai kecenderungan konservatif-tradisional.”

BACA JUGA:

Sementara itu di tengah berkembang fundamentalisme di tengah-tengah konservatisme beragama saat ini, gejala ini memicu timbulnya intoleransi dan benih- benih kekerasan dalam bergama.

“Dengan Islam inklusif Cak Nur berharap keberagamaan yang konservatif tersebut menjadi inklusif dan progresif,” tandasnya.

Ia menjelaskan Islam inklusif mengakui adanya kesetaraan iman dan merupakan titik temu bagi agama-agama. Selanjutnya disebutkan enam tema dalam Islam inklusif, yaitu (1) Keterbukaan, sikap saling menghargai, dan toleransi, (2) adanya paham keselamatan bagi semua agama apabila dijalankan secara otentik, (3) adanya konsep ahl al-kitab, (4) kebebasan beragama, (5) pengakuan atas Hak Asasi Manusia, dan (6) perdamaian.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*