Overthinking? Yuk, Kenali Tandanya Agar Bisa Dihindari




Susah Tidur
Susah Tidur

JAKARTA, KalderaNews.comOverthinking menjadi sebuah kata yang kerap melitas. Baik di lingkungan sekitar  maupun  di media sosial. Bahkan, rasanya kata ini telah menjadi bagian yang kental dengan kehidupan kita sebagai kaum remaja.

Istilah overthinking ditujukan pada orang yang terlalu banyak berpikir, tetapi jangan keliru dengan menyamakan orang overthinking dengan pemikir. Orang yang overthinking seringkali memikirkan hal-hal sepele secara berlebihan.

BACA JUGA:

Overthinking juga sering diartikan sebagai sikap berhati-hati sebelum mengabil keputusan. Padahal, nyatanya terlalu sering berpikir berlebihan juga dapat memberikan dampak yang tidak baik untuk kesehatan kita.

Penyebab pasti dari hal ini berlum diketahui secara pasti. Namun, sikap terallu banyak berpikir ini biasanya ditujukan oleh orang yang mengidap penyakit mental seperti gangguan kecemasan atau depresi.

Kecemasan sendiri merupakan kondisi yang menyebabkan seseorang merasa terus khawatir dan takut berlebihan dalam menghadapi berbagai situasi sehari-hari. Padahal depresi adalah gangguan suasana hati yang membuat seseorang terus merasa sedih dan kehilangan minat untuk hidup.

Seorang yang overthinking kerap tidak menyadari jika mereka memiliki sikap ini. Untuk memahami apakah kita termasuk golongan kaum overthinking, kita perlu mengenali tanda-tandanya . Inilah tanda overthinking yang bisa kita kenali!

Saat menghadapi masalah, tidak fokus pada solusi

Masalah akan selesai bila kita dapat menemukan jalan keluar untuk meringankan beban yang dihadapi. Pada orang yang  overthinking ini mereka kerap tidak fokus untuk mencari solusi terhadap masalah yang mereka hadapi itu. Mereka malah fokus pada masalahnya sendiri dan memikirkan hal-hal yang tidak perlu.

Sering merenungkan hal yang sama berulang-ulang

Tanda kedua dari seorang overthinking adalah sering merenungkan hal yang sama berulang-ulang. Pikiran berulang ini lebih cenderung pada masalah, kesalahan yang dilakukan atau kekurangan yang  dimiliki . akibatnya, mereka akan mendapati diri membayangkan sesuatu yang buruk terjadi berkali-kali.

Rasa cemas hingga susah tidur

Seorang yang overthinking akan merenungkan hal yang sama berulang  hingga timbul kecemasan dan membuat otak terus aktif. Jadi, ketika menjelang tidur, pikiran mereka tidak bisa tenang dan akhirnya membuat mereka susah untuk tidur.

Sulit membuat keputusan

Tanda overthinking yang berikutnya adalah terburu-buru mengambil keputusan. Mengambil keputusan memang tidak bisa terburu-buru, tetapi bukan berarti kita harus fokus menganalisis masalah terlalu dalam, karena hal tersebut akan makin sulit untuk mengambil keputusan, dan juga bisa membuang waktu.

Kerap menyalahkan diri sendiri saat ambil keputusan

Tanda overthinking berikutnya adalah sulit move on dari keputusan yang telah dibuat. Terutama jika keputusan yang diambil tidak tepat alias salah langkah. Bukannya beranjak dan belajar dari kesalahan tersebut, seorang overthinking akan sibuk memikirkan berbagai kemungkinan yang bisa terjadi jika mereka salah ambil kepuusan. Orang dengan overthinking cenderung akan menyalahkan diri sendiri secara terus-menerus.

Itulah tanda-tanda overthinking yang harus kita kenali agar kita bisa menghindarinya. Stay health, ya!

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*