Resmi! Ini Alasan SMA Tarakanita Magelang Pindah Alamat ke Jalan Ahmad Yani




Siswa SMA Tarakanita Magelang
Siswa SMA Tarakanita Magelang (KalderaNews/Dok. Tarakanita)

MAGELANG, KalderaNews.com – Salah satu SMA Swasta terbaik di Magelang, SMA Tarakanita, resmi pindah alamat dan menempati lokasi yang baru di Jalan Ahmad Yani 20 Magelang, Kelurahan Panjang, Kecamatan Magelang Tengah, Kota Magelang 56111.

Sebelumnya, alamat SMA Tarakanita Magelang beralamat di Jalan Beringin VI Magelang, Kelurahan Tidar Selatan, Kecamatan Magelang Selatan, Kota Magelang 56125.

Kepala Biro SDM Yayasan Tarakanita sekaligus Ketua Tim Tarakanita Crisis Center for Covid-19 Aurelius Arya Saputra di Jakarta menyampaikan dua alasan mendasar perpindahan ini.

BACA JUGA:

“Alasan mendasarnya. Pertama, Untuk SMA Tarakanita Magelang untuk integrasi layanan pendidikan SMP dan SMA Tarakanita Magelang di lokasi yang strategis. Kedua, Pengembangan sekolah Kejuruan SMK Pius X melalui penyediaan sarana dan prasarana yang lebih modern sesuai kebutuhan dunia industri,” tegasnya pada KalderaNews pada Jumat, 14 Januari 2022.

“Jadi SMA pindah ke gedung eks SMK Pius X dan sebaliknya,” imbuhnya.

Diketahui, SMA Tarakanita Magelang lahir dari kerinduan masyarakat kota Magelang di masa lalu, terlebih orang tua murid SMP Tarakanita yang akan mencarikan sekolah lanjutan tingkat atas bagi anak-anak mereka selepas SMP, karena di Magelang kala itu hanya ada 2 SMA Negeri dan baru segelintir SMA swasta yang tentu saja belum mampu menjawab kebutuhan masyarakat yang mencari pendidikan yang berkualitas.

Banyak di antara mereka yang harus jauh-jauh melanjutkan ke luar kota untuk mencari SMA yang dipandang memenuhi keinginan tersebut.

Tahun ajaran 1984/1985 secara resmi SMA Tarakanita hadir di Kota Magelang dan menjadi salah satu unit karya di Yayasan Tarakanita. Kepala Sekolah yang dipercaya untuk memimpin unit karya ini adalah Ibu JC Resyanto.

Ketika SMA Tarakanita lahir, kegiatan belajar mengajar dilaksanakan siang hingga sore  hari setelah anak-anak SD Tarakanita pulang, karena masih meminjam gedung SD Tarakanita di Jalan Tentara Pelajar 25 Magelang. Gedung Kantor Yayasan yang ada sekarang ini dulu digunakan sebagai ruang guru dan Kantor Tata Usaha SMA Tarakanita.

Kala itu para guru yang mengampu pun masih dipinjam dari sekolah-sekolah lain yang lebih dulu eksis, seperti SMAK Pendowo Magelang, SMA Negeri 1 Magelang, SMA Seminari Mertoyudan, bahkan dari Universitas Tidar Magelang.

Kegiatan pembelajaran di SD Tarakanita ini berlangsung selama 2 tahun, hingga pada tanggal 31 Desember 1986 gedung baru berlantai 2 di Jalan Beringin VI selesai dibangun.

Ketua Tim Tarakanita Crisis Center for Covid-19, Aurelius Arya Saputra
Ketua Tim Tarakanita Crisis Center for Covid-19, Aurelius Arya Saputra (KalderaNews/FB.Arya Saputra)

Tanggal 10 Januari 1987 gedung baru SMA Tarakanita yang berada di lingkungan Kelurahan Tidar dengan hawa sejuk areal persawahan yang hijau diberkati oleh Romo Vikep Kedu, Evaristus Rusgiharto Pr.

Sejak itu para siswa SMA Tarakanita Magelang menempati gedung sendiri di gedung baru untuk kegiatan pembelajarannya.

Ternyata proses pembangunan gedung tidak berhenti di situ. Di sela-sela proses belajar mengajar, pembangunan gedung lantai III terus dilanjutkan dan tepat pada tanggal 15 Agustus 1989 gedung baru lantai III pun diberkati dalam Perayaan Ekaristi yang bertepatan dengan pesta Bunda Maria diangkat ke surga.

Seiring dengan perkembangan zaman dan makin berkembangnya SMA Tarakanita, penambahan sarana dan prasarana pun kian bertambah. Untuk menjawab kebutuhan tersebut, pada tahun 1999 di masa kepemimpinan Pejabat Sementara yaitu Serafina Panti Satija Wardani, SPd , dilakukan pembangunan tahap 3 gedung SMA Tarakanita Magelang, yaitu dengan dibangunnya aula, perpustakaan yang lebih besar, laboratorium bahasa, areal parkir yang memadai, laboratorium computer, dan beberapa ruang lain yang dibutuhkan untuk menunjang kegiatan pembelajaran.

Unit gedung yang baru ini diresmikan oleh Uskup Agung Semarang, Mgr. Ignatius Suharyo, Pr pada 4 November 2000, bertepatan dengan Carolus Day. Kala itu Kepala Sekolah yang sedang mengemban tugas adalah Sr. Hanna CB. Beliau sebelumnya mengemban tugas sebagai Kepala SMP Tarakanita Magelang.  Dan seperti sekarang inilah gedung SMA Tarakanita Magelang.

Pengemban tugas Kepala Sekolah setelah Sr. Hanna CB adalah Bapak Drs. Theodulus Tri Sunarta yang menjalani masa tugasnya selama 2 periode. Tugas perutusan sebagai Kepala Sekolah dilanjutkan oleh Bapak Drs. Stephanus Sutrisno dilanjutkan Dra. Agnes Kemmi Werdiastuti dan pada awal tahun ajaran baru 2018/2019 tugas perutusan diemban oleh Antonius Edi Purwono, S.Pd.

So, per Januari 2022 SMA Tarakanita Magelang resmi beralamatkan di Jalan Ahmad Yani 20 Magelang, Kelurahan Panjang, Kecamatan Magelang Tengah, Kota Magelang 56111.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*