Tenaga Pendidik di Kampus Santa Angela Atambua Belajar Penulisan PTK dan Artikel Ilmiah




Kampus Santa Angela Atambua
Tenaga pendidik TK, SD, SMP, SMA di Kampus Santa Angela Atambua mengikuti pelatihan Penulisan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan Artikel Ilmiah pada Selasa, 4 Januari 2022 (KalderaNews/Dok. Kampus Santa Angela Atambua)

ATAMBUA, KalderaNews.com – Tenaga pendidik TK, SD, SMP, SMA di Kampus Santa Angela Atambua mengikuti pelatihan Penulisan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan Artikel Ilmiah pada Selasa, 4 Januari 2022 lalu.

Hadir selaku narasumber pelatihan adalah Dr. Samuel Igo Leton, M.Pd. dan Dr. Maximus M. Taek, M.Si dari Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

Pelatihan ini merupakan lanjutan dari pelatihan yang diadakan secara online dengan narasumber yang sama pada 29-30 Maret 2021 lalu. Pada pelatihan di bulan Maret para guru dibimbing untuk membuat proposal penelitian dan diberi kesempatan untuk mempresentasikannya.

BACA JUGA:

Pelatihan dibuka oleh Koordinator Kampus Santa Angela Atambua, Sr.Caritas Sri Lestari, OSU dengan mengutip nasihat Santa Angela “Awal yang baik belumlah cukup bila tanpa ketahanan.” Sr. Lestari, OSU memotivasi para guru untuk bertekun sampai akhir dalam penulisan PTK dan artikel Ilmiah.

Dalam pelaksanaan pelatihan peserta dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok yang sudah melaksanakan PTK (Guru SMA) dan kelompok yang belum melaksanakan PTK (Guru TK, SD, SMP).

Bagi kelompok guru yang belum melaksanakan PTK, Dr. Samuel Igo Leton, M.Pd. melanjutkan materi PTK dengan menjelaskan tentang instrumen-instrumen penelitian yang harus disiapkan untuk melakukan PTK seperti instrumen untuk mengukur hasil belajar, lembar observasi kegiatan mengajar guru dan lembar observasi kegiatan belajar peserta didik.

Bagi guru yang baru bergabung pada tahun pelajaran 2021/2022 diberikan penjelasan mengenai bagian-bagian dari PTK, penentuan judul PTK serta landasan teori agar mereka dapat segera mulai membuat proposal PTK. Selanjutnya kepada para peserta pelatihan diberikan kesempatan untuk berkonsultasi dengan narasumber.

Selanjutnya bagi kelompok guru yang telah melaksanakan PTK, Dr. Maximus M. Taek, M.Si memberi bimbingan untuk menuliskan laporan PTK ke dalam bentuk artikel ilmiah. Dalam sesi ini dijelaskan tentang hal-hal yang perlu diperhatikan dalam melakukan suatu penelitian, bagian-bagian dari artikel ilmiah, cara mengutip pendapat para ahli, publikasi jurnal ilmiah, dan contoh-contoh jurnal ilmiah.

Ia pun memberi motivasi kepada para guru untuk bertekun dan bersabar dalam proses penulisan artikel ilmiah karena banyak masukan atau perbaikan yang harus dilakukan untuk bisa sampai pada tahap publikasi.

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*