UMSU Rangkul UIR Bekerjasama dalam Dakwah Islamiyah Guna Kembangkan Pendidikan Tinggi




Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (Kaldera/Ist)

MEDAN, KalderaNews.com – Dua PTS Islam di Pulau Sumatera, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) dan Universitas Islam Riau (UIR) menjalin kerja sama dalam dakwah islamiyah guna mengembangkan pendidikan tinggi meliputi pengajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat.

Rektor UMSU, Prof. Dr Agussani, di Medan beberapa waktu lalu mengatakan kerjasama UMSU dan UIR merupakan momentum strategis guna lebih meningkatkan kualitas pendidikan di masing-masing perguruan tinggi swasta (PTS) Islam ini.

Secara pengalaman, UIR diketahui telah berkolaborasi dengan banyak perguruan tinggi yang bukan hanya di lingkup Asia, namun juga Eropa.

BACA JUGA:

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU)  merupakan salah satu Perguruan Tinggi Swasta dan termasuk kategori kampus terbaik di Sumatera Utara baik dari sisi prestasi ataupun jumlah mahasiswanya.

Kampus UMSU yang beralamat di Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II, Kec. Medan Tim., Kota Medan, Sumatera Utara ini didirikan pada 27 Februari 1957 oleh H.M. Bustami Ibrahim, H. Syaiful U.A, Rustam Thayib.  

Sementara Universitas Islam Riau (UIR) merupakan  salah satu perguruan tinggi swasta Islam berada di Ibu kota Provinsi Riau, Pekanbaru.

Didirikan pada 4 September 1962 lalu dan pada saat didirikan Universitas Islam Riau hanya memiliki satu fakultas, yaitu Fakultas Agama dengan dua Jurusan yaitu jurusan Hukum  dan Tarbiyah, dengan Dekan Pertama H.A. Kadir Abbas, S.H.

Sementara UIR berlokasi di Jl. Kaharuddin Nst No.113, Simpang Tiga, Kec. Bukit Raya, Kota Pekanbaru, Riau.

Dalam kerjasama antara UMSU dan UIR lebih lanjut disebutkan oleh Rektor UMSU, bahwa kesepakatan kerjasama yang dicapai bisa ditindaklanjuti dengan implementasi program di lapangan sesegera mungkin.
Karena UMSU dan UIR memiliki sumber daya yang bisa saling menguatkan dalam pengembangan program peningkatan dalam bidang pengajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat.

Melalui kerjasama yang telah ditandatangani tersebut, kedua pihak berharap masing-masing perguruan tinggi, UMSU dan UIR bisa saling berkolaborasi dalam pemanfaatan fasilitas dan sumber daya manusia ke depannya.

*Jika artikel ini bermanfaat, silahkan dishare kepada saudara, sahabat dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*