Universitas Bung Hatta, PTS Terbaik di Sumatera Barat Versi Unirank 2021, Segini Biayanya




Universitas Bung Hatta Padang. (KalderaNews.com/Ist.)
Universitas Bung Hatta Padang. (KalderaNews.com/Ist.)

PADANG, KalderaNews.comWorld University Ranking (UniRank) telah merilis daftar perguruan tinggi terbaik di Sumatra Barat pada 2021 lalu. Universitas Bung Hatta (UBH) berada pada posisi pertama untuk kategori perguruan tinggi swasta.

UniRank merupakan lembaga pemeringkatan universitas dunia yang mengukur popularitas perguruan tinggi berdasarkan popularitas website yang dimiliki sebuah perguruan tinggi.

Bagi kamu yang berada di luar wilayah Sumatera Barat dan ingin mencari kampus swasta terbaik menurut pemeringkatan UniRank, inilah 5 diantaranya.

BACA JUGA:

Universitas Bung Hatta (UBH)

UBH didirikan pada 20 April 1981 di bawah naungan Yayasan Pendidikan Wawasan Nusantara. Lokasi kampus UBH pusat berada di Jalan Sumatra, Ulak Karang, Kota Padang.

Saat ini UBH berada di peringkat 126 se-Indonesia dan menjadi PTS terbaik di Sumbar. UBH menyandang motto “Unggul dan Bermartabat menuju Universitas Berkelas Dunia”.

Biaya yang dibutuhkan untuk berkuliah di UBH kisaran Rp 6.000.000 sampai Rp 7.500.000, tergantung program studi pilihan calon mahasiswa.

Universitas Muhammadiyah Sumatra Barat (UMSB)

UMSB merupakan salah satu universitas swasta tertua di Sumatera Barat yang telah berdiri sejak 18 November 1955.

UMSB memiliki kampus yang tersebar di 4 kota, yakni di Kota Padang, Padang Panjang, Bukittinggi, dan Payakumbuh. Saat ini UMS berada di peringkat 216 universitas terbaik di Indonesia berdasarkan UniRank.

Kisaran biaya SPP per semester yang dibutuhkan untuk melanjutkan studi di PTS ini sekitar Rp 2.000.000 sampai dengan Rp 5.000.000

Universitas Putra Indonesia (UPI) Padang

UPI YPTK Padang didirikan pada tahun 1985 oleh Herman Nawas melalui Yayasan Pendidikan Tinggi Komputer Padang (YPTK Padang).

Berada di peringkat 247 se-Indonesia, UPI YPTK Padang saat ini telah memiliki tujuh fakultas dan dua program pasca sarjana.

Dengan motto “Melangkah Lebih Maju”, UPI Padang telah melakukan kerjasama dengan University Technology Malaysia (UTM), University Technology Mara (UiTM) Malaka, Asian Institutede of Technology Bangkok Thailand, Adelide University of Technology Australia, PT. Indosat Indonesia, PT Telkomsel Indonesia dan Cisco System

Sebagai referensi tentang biaya SPP di kampus swasta berbasis komputer ini, berkisar Rp 1.950.000 sampai dengan Rp 2.950.000 di luar biaya tahunan sekitar Rp 4.900.000.

Institut Seni Indonesia (ISI) Padang Panjang

ISI Padang Panjang didirikan pada 22 Desember 1965. Institut ini dibangun berdasarkan  gagasan dari pemuka masyarakat dan para seniman Sumatra Barat untuk menghidupkan serta mengembangkan kebudayaan khususnya masalah kesenian.

Biaya SPP per bulan sekitar Rp 500.000 sampai dengan Rp 3.000.000 di luar uang pangkal sebesar Rp 1.000.000 sampai dengan Rp 1.500.000 tergantung program studi yang dipilih calon mahasiswa.

Universitas Ekasakti (Unes)

Unes Padang didirikan Yayasan Perguruan Tinggi Indonesia (YPTI) pada April 1973 silam. Berlokasi di Jalan Veteran Dalam, Padang Pasir, Kota Padang, PTS yang didirikan oleh Prof. Dr. H. Andi Mustari Pide, S.H bersama dengan Dr. Hj. Erawati Toelis, M.M telah memiliki 7 fakultas.

Biaya kuliah di Unes sekitar Rp 2.000.000 sampai dengan Rp 6.000.000 tergantung jurusan dan jenjang pendidikan yang diambil.

*Jika artikel ini bermanfaat, silakan dishare kepada saudara, sahabat dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*