Hobi Olahraga? Inilah Jurusan yang Cocok Untukmu

Ilustrasi: Pilih Jurusan Kuliah
Ilustrasi: Pilih Jurusan Kuliah
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Menyukai olahraga tidak selalu harus jadi atlet. Banyak sekarang yang menjadikan olahraga sebagai gaya hidup dan kebutuhan untuk terus sehat dan fit. Namun, olahraga juga dapat dijadikan sebagai karier yang memberikan penghasilan yang cukup baik.

Selain menjadi atlet, wasit, dan pelatih, banyak posisi di bidang olahraga yang dapat kita jadikan lading pekerjaan. Bila kamu menyukai olahraga, inilah jurusan kuliah yang cocok untukmu meniti karier. Simak, yuk!

BACA JUGA:

Pendidikan Kepelatihan Olahraga

Untuk menjadi pelatih terkenal, kamu bisa masuk ke jurusan Pendidikan Kepelatihan Olahraga. Dengan masuk ke jurusan ini berarti tujuan kamu sudah jelas yaitu untuk menjadi guru atau pelatih profesional di tingkat nasional. Di jurusan Pendidikan Kepelatihan Olahraga kamu akan mempelajari konsep-konsep pendidikan, menyusun strategi kepelatihan, menyelenggarakan kompetisi atau perlombanan dan memahmi aturan dalam perlombaan bidang olahraga.

Psikologi Klinis

Bidang terapan ilmu psikologi ini akan mempelajari kesulitan serta rintangan emosi yang dialami manusia dan cara menyembuhkannya. Tidak sedikit atlet yang merasa down dan stres sebelum menghadapi pertandingan, para psikolog klinis ini yang akan mendampingi dan membangkitkan mental para atlet. Untuk bisa bekerja di sebuah klub, biasanya kamu harus mendapatkan gelar lebih tinggi dari S-1 dan sudah mempunyai pengalaman praktik sebelumnya.

Jurnalistik

Untuk bisa bertemu dengan banyak atlet terkenal dan meliput pertandingan internasional dan jalan-jalan ke luar negeri, kamu bisa mengambil jurusan jurnalistik. Kamu bisa bekerja di media bidang olahraga sebagai jurnalis dan meliput berbagai acara olahraga. Setiap event atau pertandingan olahraga membutuhkan peran media untuk bisa dikenal oleh masyarakat luas dan menarik banyak pemirsa.

Dengan masuk ke jurusan jurnalistik, kamu akan belajara melakukan reportase, mewawancarai narasumber, mengolah berita, dan menyebarluaskan berita kepada khalayak ramai. Bila kamu mempunyai passion di bidang olahraga dan mempunyai skill jurnalistik, maka kamu akan makin dicari.

Fisioterapi

Seorang fisioterapis punya peran penting dalam bidang olahraga. Aktivitas fisik keras yang harus dilakukan oleh atlet setiap harinya membuat mereka membutuhkan terapis fisik untuk memonitor kinerja otot mereka.

Fisioterapi merupakan program studi yang mempelajari tentang fungsi gerak tubuh manusia mulai dari cara gerak hingga bentuk otot, sendi, dan tulang. Fisioterapi lebih difokuskan untuk mengembalikan fungsi gerak sendi atau otot manusia jika ada gangguan. Pekerjaan ini sangat dibutuhkan di dunia olahraga.

Hubungan Masyarakat

Biasa disingkat Humas atau PR (Public Relation), merupakan posisi yang dibutuhkan untuk menjaga citra dan popularitas suatu organisasi, termasuk klub olahraga. Bila sebuah event olahraga merupakan hiburan yang paling diminati dan ditunggu oleh banyak orang, maka perah humas atau PR ini sangat dibutuhkan untuk menjaga hubungan baik antara atlet dengan penggemar dan supporter,  serta media dan sponsor. Kuliah di program studi ini mengharuskan kamu memiliki kepribadian yang menyenangkan dan mudah dekat dengan berbagai macam orang. Selain itu, kamu juga harus menyukai public speaking.

Manajemen Bisnis

Sebuah klub olahraga, bekerja layaknya perusahaan bisnis pada umumnya. Klub membutuhkan sponsor, beriklan, dan menjual berbagai merchandise untuk menambah keuangan. Diperlukan tenaga ahli dalam bidang manajemen bisnis yang mengelola semua hal terkait bidang komersil seperti sponsorship.

Ilmu Gizi

Pola makan dan asupan gizi yang dibutuhkan oleh para atlet tentunya berbeda dengan kita sehari-hari. Atlet mempunyai pola makan dan program diet tersediri agar kondisi fisiknya tetap terus fit untuk berkompetisi. Di jurusan Ilmu Gizi kamu akan belajar mengenai hubungan antara makanan yang diasup dengan kesehatan.

Kamu akan belajara mengenai zat gizi apa saja yang dibutuhkan oleh tubuh beserta takaran idealnya akan sangat dibutuhkan oleh atlet. Apalagi beda cabang olahraga akan berbeda pula kriteria tubuh proporsional yang harus dimiliki oleh atletnya.

Dari tujuh gambaran jurusan yang cocok buat kamu yang menyukai olahraga itu, manakah yang sudah kamu jadikan impian?

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*