Cegah Varian Omicron, Sejumlah Kampus Swasta Gelar Vaksinasi Booster




Vaksinasi di Kampus Atma Jaya Jakarta. (Dok. Atma Jaya Jakarta)
Vaksinasi di Kampus Atma Jaya Jakarta. (Dok. Atma Jaya Jakarta)

YOGYAKARTA, KalderaNews.com – Sejumlah kampus swasta di Yogyakarta dan Jakarta menggelar vaksinasi booster Covid-19.

Seperti Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) yang mengadakan vaksinasi booster Covid-19 di Gedung Thomas Aquinas UAJY. Vaksinasi booster kali ini ditujukan bagi pegawai dan purnakarya UAJY serta masyarakat umum yang berusia lansia. Pelaksanaan vaksinasi ini diikuti sekitar 1300 peserta.

BACA JUGA:

Sementara, Universitas Sanata Dharma (USD) Yogyakarta juga menyelenggarakan vaksinasi booster dengan kapasitas 1500 dosis jenis Pfizer.

Rektor USD, Drs. Johanes Eka Priyatma, M.Sc., Ph.D. memberikan apresiasi kegiatan ini karena USD sebagai instansi telah memberikan pelayanan konkret dan berpartisipasi dalam menghadapi Covid-19 dengan mengadakan vaksinasi tahap ketiga.

“Semoga vaksinasi tahap ketiga ini dapat memberikan optimisme dan keyakinan diri yang lebih baik bagi kita semua untuk memasuki cara baru melayani mahasiswa dan semua pihak dalam melaksanakan kegiatan Tridharma pada semester ini dengan cara yang lebih campuran yakni daring maupun luring,” kata Johanes Eka Priyatma.

Hal yang sama juga dilakukan Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta. Sebanyak 2000 dosis vaksin Pfizer diberikan untuk sivitas akademika dan masyarakat umum.

“Vaksinasi booster ini sebagai ikhtiar kita bersama guna meningkatkan imunitas dan mengurangi risiko terpapar Covid-19,” tutur Rektor UII, Prof. Fathul Wahid., S.T., M.Sc., Ph.D.

Namun, meskipun sudah mendapatkan vaksin booster, Prof. Fathul Wahid mengingatkan untuk tetap menjaga protokol kesehatan (prokes) dan menghindari kerumunan. “Pandemi Covid-19 belum selesai dan kita harus tetap menerapkan prokes sebagai bentuk ikhtiar,” pesannya

Sementara di Jakarta, Ikatan Alumni Universitas Katolik Indonesia (Unika) Atma Jaya bersinergi bersama Unika Atma Jaya juga menggelar program vaksinasi booster massal.

Pelaksanaan vaksin booster dilakukan di tiga kampus Unika Atma Jaya, yakni Kampus 1 Semanggi, Kampus 2 Pluit, dan Kampus 3 BSD serta penambahan lokasi di Rumah Sakit Atma Jaya Pluit. Pelaksanaan vaksinasi booster ini sampai 17 Februari 2022.

Rektor Unika Atma Jaya Jakarta, Dr. A. Prasetyantoko menyebutkan bahwa kegiatan ini merupakan bentuk kontribusi dan kepedulian kampus Unika Atma Jaya dalam upaya mendukung program vaksinasi pemerintah untuk mempercepat pengendalian pandemi dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Universitas Tarumanagara (Untar) Jakarta juga menggelar vaksinasi booster terutama bagi kalangan dosen, mahasiswa, karyawan dan masyarakat sekitar kampus. Vaksinasi digelar 2-4 Februari 2022 di Gedung M Kampus I Untar Jakarta.

“Dengan Sentra Vaksinasi ini kami mengajak semua dosen, karyawan, mahasiswa, dan masyarakat sekitar untuk bisa segera vaksin, agar nantinya siap dalam melaksanakan perkuliahan secara hybrid. Apabila pelaksanaan perkuliahan hybrid dimulai, maka akan ada banyak mahasiswa yang datang, kalau belum dilindungi dengan pemberian vaksin booster, akan menjadi masalah. Jadi yang diutamakan adalah kesehatan dan keselamatan terlebih dulu,” tegas Rektor Untar, Prof. Dr. Ir. Agustinus Purna Irawan, I.P.U., ASEAN Eng.

Prof. Agustinus Purna Irawan juga menyampaikan bahwa rencana perkuliahan tatap muka di semester genap yang semula akan dilangsungkan pada Februari ini, tetapi dengan terjadinya peningkatan kasus Covid di DKI Jakarta, maka perkuliahan tatap muka diundur hingga bulan Maret 2022, kecuali mahasiswa tingkat akhir dapat hadir di kampus dengan protocol kesehatan yang sangat ketat.

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat, dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*