Ingin Kuliah Di Luar Negeri? Inilah 10 Kota dengan Biaya Kuliah dan Biaya Hidup Termurah




Ilustrasi: Kuliah di Luar Negeri

JAKARTA, KalderaNews.com – Kuliah di luar negeri memang menjadi impian banyak pelajar dan mahasiswa. Banyak hal yang harus dipersiapkan bila kita ingin kuliah di luar negeri. Salah satu persiapan yang harus kita pahami adalah biaya kuliah dan biaya hidup di negara serta kota tujuan.

Inilah 10 kota dengan biaya kuliah dan biaya hidup termurah di dunia yang harus kamu tahu.

BACA JUGA:

Budapest

Budapest terkenal dengan tiga universitas terkemuka di dunia. Ibukota Hongaria ini menduduki peringkat pertama kota termurah dengan membebani siswa internasional rata-rata US$1.400 untuk biaya kuliah per tahun.

Kuala Lumpur

Ibu kota Malaysia ini menduduki urutan kedua di dunia untuk keterjangkauan. Biaya yang diperlukan untuk kuliah di kota ini rata-rata US$2.500 per tahun untuk siswa internasional. Untuk biaya tinggal di apartemen satu kamar tidur pusat kota membutuhkan biaya rata-rata US$568 per bulan.

Wroclaw

Kota ini merupakan kota terbesar keempat di Polandia. Menduduki peringkat ketiga dalam indikator keterjangkauan dan masuk indeks QS Best Student Cities pada 2019. Bila kamu ingin beleajar gratis di kota ini, kamu harus mengikuti ujian masuk yang sama dengan untuk siswa asal Polandia. Selain itu kamu harus mengikuti kursus yang diajarkan dalam bahasa Polandia.

Untuk biaya hidup di kota ini juga relatif rendah dengan kebutuhan per bulan dengan tinggal di pusat kota adalah sebesar rata-rata US$597.

St. Petersburg

Kota ini merupakan kota kedua terbesar di Rusia setelah Moskow. Kota ini menduduki peringkat keempat dalam indikator keterjangkauan untuk untuk biaya hidup dan biaya kuliah dengan menelan biaya sebesar rata-rata US$2.600 per tahun.

Biaya hidup di kota St. Petersburg juga lebih murah 28,2% dari pada di Moskow. Pilihan universitas yang dapat dijadikan incaran antara lain Peter the Great Saint Petersburg Polytechnic University dan Saint-Petersburg State University.

Tomsk

Kota Tomsk merupakan kota peringkat ke-73 secara keseluruhan dalam indeks Kota Pelajar Terbiak yang menempati urutan keempat untuk keterjangkauan. Universitas yang ada di kota ini adalah Universitas Politeknik Tomsk. Biaya kuliah jenjang sarjana internasional rata-rata adalah US$ 2.600 per tahun.

Novosibirsk

Kota ini merupakan kota ketiga terbesar di Rusi yang menempati peringkat berikutnya untuk keterjangkauan dengan biaya kuliah rata-rata US$2.600 per tahun untuk siswa internasional. Biaya hidup di kota ini juga lebih rendah dari kota Moskow. Universitas terbaik di kota ini adalah Novosibirsk State University.

Bangalore

Kota Bangalore berada di India bagian selatan yang memiliki biaya kuliah terendah di daftar ini yakni sebesar rata-rata US$100 per tahun. Biaya hidup di kota ini juga sangat rendah, seperti misalnya biaya apartemen sebesar rata-rata US$250 per bulan. Perguruan tinggi yang ada di kota ini adalah Institut Sains India atau IISc yang menduduki peringkat ke-184 dunia.

Manila

Ibu kota Filipina  ini merupakan salah satu kota tertua di dunia. Di Manila terdapat universitas unggulan yang University of the Philippines yang menempati urutan ke-356 di dunia. Biaya kuliah di kota ini adalah sebesar rata-rata sekitar US$2.400 per tahun.

Johannesburg

Kota ini berada di Afrika Selatan, dan terdapat universitas dunia yakni University of Witwatersrand. Untuk biaya hidup di kota ini, sewa apartemen  per bulan sebesar US$471 dengan biaya kuliah rata-rata sebesar US$2.300.

Hsinchu

Kpta yang berada di Taiwan ini juga mendapat gelar Kota Berangin. Hsinchu memang kota kecil yang kurang terkenal, tetapi di sana terdapat universitas yang keren banget untuk peringkat QS World University Ranking yakni Universitas Nasional Tsing Hua dan Universitas Nasional Chiao Tung. Biaya kuliah untuk siswa internasional adalah sebesar US$2.900 per tahun.

Dari sepuluh kota tersebut di atas, adakah kota impianmu untuk melanjutkan kuliah? Yuk, kita siapkan, yuk!

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*