Inilah Daftar Pekerjaan Kekinian Buat yang Hobi Kuliner




Ilustrasi: Para siswa sekolah kuliner. (KalderaNews.com/Ist.)
Ilustrasi: Para siswa sekolah kuliner. (KalderaNews.com/Ist.)

JAKARTA, KalderaNews.com – Siapa orang yang tidak menyukai makan? Atau berburu makanan yang baru, belum pernah dicoba, kuliner khas suatu daerah, atau kuliner kreasi baru, misalnya. Bila satu dua dekade lalu makan adalah kebutuhan saja, mungkin sekarang makan bisa menjadi bagian dari gaya hidup dan pekerjaan.

Pasti akan menyenangkan bila kesukaan atau kegemaran kita berkembang menjadi sebuah pekerjaan yang  menghasilkan. Bila hobi biasanya hanya akan mengeluarkan uang, tetapi bila hobi berkembang menjadi pekerjaan tentu akan menjadi penghasilan.

BACA JUGA:

Bila kamu orang yang hobi kulineran, kamu wajib tahu enam pekerjaan terkait kuliner yang kekinian berikut ini.

Food stylist

Bila kamu hobi kulineran sekaligus mudah tergoda dengan makanan yang mempunyai tampilan menarik atau memperhatikan makanan hingga detail, maka menjadi food stylist dapat menjadi opsi yang tepat.

Food stylist merupakan pekerjaan yang dibutuhkan para pengusaha saat akan membuka resto, penerbit buku resep, atau media lain untuk mempromosikan menu makanan.

Food vlogger

Pekerjaan satu ini berkaitan dengan review makanan, mulai dari rasa, tekstur, tampilan saat disajikan bahkan hingga harga makanan tersebut. Kamu bisa membuat vlog review makanan ini dan meraih penghasilan dari pekerjaan ini.

Food buzzer

Salah satu ciri pekerjaan ini dimulai dengan memotret makanan yang tersaji dan mengunggahnya di media sosial. Dalam promosi produk makanan ini, ada yang dilakukan secara halus atau pun terang-terangan. Food buzzer  ini dibutuhkan industri makanan untuk meningkatkan penjualan atau juga dapat dipakai oleh pengusaha makanan untuk mempromosikan produk atau menu terbaru mereka. Sebagai food buzzerkamu berhak mendapatkan bayaran yang sesuai dengan tugasmu.

Koki

Pekerjaan satu ini tentu menyenangkan buat kita yang menyukai kuliner. Koki menmpunyai kesempatan untuk terus mengembangkan resep makanan dan mencari menu baru. Koki dapat bekerja di restoran, hotel, atau kapal pesiar yang memungkinkan untuk bisa jalan-jalan ke luar daerah bahkan luar negeri.

BIsnis makanan

Bila kamu suka coba-coba resep baru baik masakan ataupun jajanan, kamu berpeluang menjual hasil masakanmu itu dan kemudian dikembangkan menjadi bisnis makanan.

Bisnis makanan bisa dilakukan dengan modal yang  tidak banyak bahkan kamu bisa menggunakan sistem open PO agar tidak terbuang percuma. Para pemesan dapat dimintai 50% dahulu misalnya untuk dijadikan modal awal.

Dengan promosi melalui orang sekitar dan media sosial, kamu pasti bisa mengembangkan bisnismu ini dengan baik. Telah banyak dibuka kelas-kelas bisnis pemula di yang dapat diikuti secara gratis di internet.

Food fotografer

Kamu yang juga menyukai hobi fotografi sekaligus suka makan, kamu mempunyai peluang untuk menjadikan itu sebuah pekerjaan. Kamu bisa menjadi seorang food fotografer yang bisa mengunggah sendiri hasil jepretanmu atau dapat bekerja di sebuah perusahaan makanan atau restoran.

Itulah enam jenis pekerjaan kekinian bidang kuliner yang dapat kamu jadikan pilihan. Bila tidak atau belum memungkinkan dijadikan pekerjaan utama saat ini, kamu bisa mencobanya sebagai pekerjaan sampingan terlebih dahulu.  

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat, dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*