Yuk, Kepoin Jurusan Teknik Biomedis: Apa yang Dipelajari dan Prospek Kerjanya




Ilustrasi: Lulusan jurusan kuliah yang banyak dicari dunia kerja. (Ist.)
Ilustrasi: Lulusan jurusan kuliah yang banyak dicari dunia kerja. (Ist.)

JAKARTA, KalderaNews.com – Jurusan Teknik Biomedis merupakan jurusan yang mempelajari bidang kedokteran, tetapi juga belajar teknik. Lulusan dari jurusan ini masih tergolong sedikit, sehingga masih dibutuhkan di dunia kerja.

Jurusan ini tergolong baru di Indonesia. Mirip dengan jurusan bidang teknik lainnya yang berkaitan dengan rekayasa, sains, dan teknologi. Faktor pembeda dari jurusan ini adalah bahwa teknologi tersebut ditujukan untuk menjadi solusi dalam bidang kesehatan atau medis. Secara sederhana, Teknik Biomedis adalah ilmu yang bertujuan pada pengembangan instrumen atau alat kesehatan.

BACA JUGA:

Lulusan dari jurusan ini di Indonesia memang masih sedikit, sehingga bidang pekerjaan yang terbuka masih sangat dinamis dan mengikuti perkembangan zaman. Hal yang dipelajari di jurusan Teknik Biomedis adalah pengaplikasian ilmu rekayasa terhadap ilmu medis dan biologis.

Beberapa konsentrasi pada jurusan ini antara lain adalah Instrumentasi, Pencitraan, dan Telemedis; Sel dan Biomolekuler; Informatika Biomedis. Di dalam perkuliahannya kamu akan mempelajari mata kuliah yang berkaitan dengan biologi, fisika, kimia, biotek, kalkulus, prinsip desain, dan biomekanika.

Prospek pekerjaan untuk lulusan jurusan Teknik Biomedis ini antara lain adalah konsultan pengadaan alat kesehatan rumah sakit, teknisi laboratorium klinik, industri kesehatan dan farmasi, peneliti bidang kesehatan, tenaga pengajar atau dosen, dan instansi pemerintahan.

Selain itu, lulusan Teknik Biomedis juga bisa meniti karier sebagai konsultan independen yang bekerja sama dengan organisasi medis dan lembaga penelitian. Para lulusan jurusan ini akan bekerja untuk merancang sistem dan produk yang dapat menggantikan bagian tubuh yang rusak seperti organ buatan. Tidak hanya itu, mereka juga akan merancang peralatan untuk untuk tujuan diagnostik, memasang, kemudian juga memelihara dan memperbaiki peralatan biomedis.

Beberapa keterampilan yang wajib dimiliki sebelum masuk ke jurusan Teknik Biomedis antara lain kemampuan berkomunikasi, keahlian memecahkan masalah atau problem-solving­ yang baik, unggul dalam ilmu sains dan matematika, bekerja sama dengan baik, kemampuan mempersepsi dan visualisasi, serta keahlian mengatur waktu dan tim.

Jurusan ini tampak menantang bila kamu menyukai sains. Jurusan ini bisa menjadi pertimbangan bila kamu mencari jurusan yang lulusannaya masih banyak dibutuhkan di Indonesia.

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*