8 Maret, Hari Perempuan Sedunia atau International Women’s Day (IWD), Inilah Tema dan Sejarahnya

Internastional Women Day 2022. (Dok.IWD)
Internastional Women Day 2022. (Dok.IWD)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Perempuan dari seluruh penjuru dunia akan merayakan Hari Perempuan Sedunia alias International Women’s Day (IWD), 8 Maret 2022. Tahun ini IWD mengangkat tema #BreakTheBias.

Tema ini diangkat untuk kampanye Bayangkan dunia yang setara gender, sunia yang bebas dari bias, stereotip, dan diskriminasi. Dunia yang beragam, adil, dan inklusif. Dunia di mana perbedaan dihargai dan dirayakan.

BACA JUGA:

Hari Perempuan Internasional berawal dari tahun 1900-an ketika masa ekspansi besar-besaran dalam dunia industri, terjadi kerusuhan berbasis gender, dan perdebatan peran perempuan. Beragam bentuk kekerasan terhadap perempuan memicu aneka perlawanan dan suara untuk perubahan.

Pada tahun 1908, 15 ribu perempuan di New York, Amerika Serikat menuntut jam kerja yang lebih pendek, gaji yang baik, dan hak suara. Pada 1909 sesuai dengan deklarasi Partai Sosialis Amerika, Hari Perempuan Nasional di Amerika pertama kali dirayakan pada 28 Februari.

Dan, pada 1910 digelar Konferensi Buruh Perempuan Internasional di Kopenhagen. CLara Zetkin mengusulkan Hari Perempuan Internasional yang dirayakan dunia di hari yang sama, demi mendesak tuntutan perempuan.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*