Beasiswa S2 dan S3 KAUST di Arab Saudi, Uang Sakunya Ratusan Juta Lho, Tutup 31 Maret 2022

Beasiswa KAUST. (Ist.)
Beasiswa KAUST. (Ist.)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – King Abdullah University of Science and Technology (KAUST) di Arab Saudi membuka beasiswa untuk jenjang pendidikan Strata 2 (S2) dan Strata 3 (S3). Pendaftaran pada musim gugur 2022 ini, masih dibuka hingga 31 Maret 2022.

Pendaftaran KAUST Fellowship tidak dipunggut biaya. Seluruh mahasiswa dari berbagai negara yang mendaftar program pascasarjana di kampus ini mendapat kesempatan yang sama.

BACA JUGA:

KAUST merupakan salah satu universitas terbaik di Arab Saudi. Kampus campuran mahasiswa pria dan perempuan di Arab ini juga menawarkan program gelar untuk berbagai bidang seperti, teknik, ilmu alam, komputer, fisika, dan lain sebagainya.

Cakupan KAUST Fellowship 2022

  • Fully funded atau beasiswa penuh
  • Uang saku sebesar 20.000 USD hingga 30.000 USD per tahun yang bila ditaksir mencapai Rp 285,7 juta hingga Rp 428,6 juta. Besarannya bergantung dari kualifikasi dan progres selama studi.
  • Tempat tinggal di lingkungan kampus
  • Asuransi kesehatan dan gigi
  • Dana relokasi seperti, visa, tiket pesawat, dan lain sebagainya

Dokumen pendaftaran

  • Transkrip atau ijazah di kampus sebelumnya (dalam bahasa Inggris)
  • Curriculum Vitae (CV) berisikan pengalaman kerja, penelitian, dan informasi relevan lainnya. Jika peserta memiliki publikasi, diharapkan untuk turut menyertakan abstrak publikasi tersebut di bagian CV.
  • Statement of purpose yang wajib disusun dalam kurang lebih 750 kata. Bisa berisikan seputar pengalaman kerja sebelumnya, persiapan untuk bidang studi yang dituju, latar belakang dan minat yang relevan, rencana akademik, dan tujuan karir.
  • Tiga surat rekomendasi dari profesor atau pembimbing selama melakukan studi atau penelitian sebelumnya. Selain itu, surat rekomendasi juga harus berisikan informasi detail tentang pengalaman kerja pendaftar, prestasi pendaftar, atau kelebihan pendaftar selama melakukan penelitian.
  • Hasil TOEFL and IELTS terbaru di tahun 2022. Skor minimal untuk pendaftaran di antaranya IELTS 6,5 dan TOEFL iBT 79.
  • Ujian GRE (Graduate Record Examination) yang merupakan tes standar yang diambil sebelum dapat masuk ke program pascasarjana. Dokumen ini bersifat tidak wajib selama pendaftaran beasiswa, namun menjadi poin pertimangan bila peserta memiliki skor dari ujian GRE.

Tahapan seleksi

  1. Admission Review. Berkas peserta harus lengkap untuk dapat ditinjau oleh Admission Office. Jika file peserta tidak dalam bentuk dokumen, peserta akan diminta untuk mengirimkannya langsung sebelum ditinjau pihak bersangkutan.
  2. Komite Peninjau Fakultas. Jika dokumen lengkap dan sesuai, selanjutnya dokumen akan di-review oleh pihak fakultas tujuan.
  3. Wawancara Akademik. Jika lolos, peserta akan diundang untuk melakukan wawancara dengan pihak Fakultas KAUST.
  4. Wawancara KAUST. Tahapan terakhir adalah wawancara pribadi melalui Skype atau secara langsung.

Untuk pendaftaran program beasiswa KAUST dapat dilakukan DI SINI.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*