KIP Kuliah Merdeka Bisa Untuk Kuliah di PTN dan PTS, Bebas Biaya Kuliah dan Dapat Uang Saku




Ilustrasi: Kartu Indonesia Pintar KIP Kuliah. (Ist.)
Ilustrasi: Kartu Indonesia Pintar KIP Kuliah. (Ist.)

JAKARTA, KalderaNews.com – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) kembali membuka peluang pelajar memanfaatkan Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah Merdeka untuk melanjutkan kuliah.

KIP Kuliah Merdeka bisa digunakan pelajar untuk melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN) atau Perguruan Tinggi Swasta (PTS).

BACA JUGA:

“Bantuan beasiswa yang diberikan bertujuan untuk meningkatkan akses masyarakat tidak mampu pada pendidikan tinggi agar lebih merata dan berkualitas, sehingga sumber daya manusia (SDM) Indonesia yang unggul dapat segera terwujud,” kata Kepala Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan (Puslapdik) Kemendikbudristek, Abdul Kahar.

Pendaftaran KIP Kuliah Merdeka tahun 2022 sudah dibuka bagi calon mahasiswa PTN dan PTS melalui berbagai tes masuk yaitu Seleksi Nasional Masuk Politeknik Negeri (SNMPN), Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), Seleksi Bersama Masuk Politeknik Negeri (SBMPN), seleksi Mandiri PTN seleksi Mandiri PTS.

“Calon mahasiswa penerima KIP Kuliah Merdeka yang akan mendaftar dibebaskan dari biaya pendaftaran UTBK SBMPTN, dan dibebaskan dari biaya kuliah semester hingga lulus. Selain itu, mahasiswa juga akan mendapatkan biaya hidup setiap bulannya,” jelas Kahar.

Mekanisme pendaftaran KIP Kuliah Merdeka tahun 2022 tidak berbeda dengan tahun sebelumnya. Tata cara pendaftaran dapat dilihat melalui situs resmi kip-kuliah.kemdikbud.go.id.

Berikut beberapa tanggal penting terkait pendaftaran KIP Kuliah Merdeka:

  • Pembuatan dan pendaftaran akun siswa KIP Kuliah; 2 Februari-31 Oktober 2022.
  • Pendaftaran UTBK-SBMPTN: 22 Maret-14 April 2022.
  • Pendaftaran SBMPN: 5 April-29 Juni 2022.
  • Seleksi Mandiri PTN: 1 Juni-7 Oktober 2022
  • Seleksi Mandiri PTS: 8 Juni-31 Oktober 2022.

Pendaftaran KIP Kuliah Merdeka bisa menggunakan akun yang sama untuk SBMPTN. Hanya dengan satu kali mendaftar maka akan digunakan untuk semua jenis seleksi jalur dan dapat digunakan sepanjang tahun selama masa pendaftaran masuk PTN maupun PTS.

“Jika tidak lolos SNMPTN, dari sekarang bisa menggunakan akun yang sama untuk SBMPTN tinggal centang karena di pendaftaran KIP kuliah tidak harus keluar masuk, mendaftar SNMPTN tidak lulus lalu mendaftar lagi SBMPTN, hanya satu kali buat akun dapat digunakan sepanjang tahun bahkan tahun sebelumnya pun akunnya masih bisa digunakan, tinggal diperbaharui (update) akun pendaftaran yang baru,” papar Kahar.

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.




1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*