Universitas Islam Indonesia Rayakan Milad ke-79, Lincah dalam Strategi, Setia pada Misi




Ilustrasi: Kampus Universitas Islam Indonesia. (Dok. UII)
Ilustrasi: Kampus Universitas Islam Indonesia. (Dok. UII)

YOGYAKARTA, KalderaNews.com – Universitas Islam Indonesia (UII) merayakan Milad Institusi yang ke-79 pada 1 Maret lalu. Acara milad yang berlangsung di Auditorium Prof. K.H. Abdulkahar Mudzakkir Kampus Terpadu UII itu terlaksana secara daring dan luring.

BACA JUGA:

Acara puncak Milad UII ke-79 ini diisi dengan penyampaian Laporan Perkembangan UII tahun 2021 oleh Rektor UII, Pidato Ilmiah oleh Dr. Yudi Prayudi, S.Si. serta penyampaian penerima Penghargaan UII Tahun 2021.

Rektor UII, Prof. Fathul Wahid, S.T., M.Sc., Ph.D. mengemukakan, menapaki usia yang ke-79 tahun ini, UII terus berkembang, menambah dan mengukir prestasi dalam meningkatkan kualitas generasi muda dan memajukan pendidikan di Indonesia.

Dengan adanya pandemi Covid-19 ini, menurut Prof. Fathul, bukanlah hambatan dan penghalang bagi UII untuk tetap mengukir prestasi dan tetap bersinergi serta berinisiatif menyusun strategi guna meningkatkan prestasi demi menuju masa depan yang cemerlang.

Milad ke-79 UII kali ini mengusung tema “Lincah dalam Strategi, Setia pada Misi’.

Prof. Fathul mengatakan bahwa selama ini perguruan tinggi dilihat sebagai korporat pemberi layanan riset dan pengajaran dan bukan sebagai lembaga yang berfokus pada ikhtiar ilmiah pendidikan tinggi.

Menurut Prof. Fathul, ini adalah upaya korporatisasi dan pengalaman managerialisme yang berpotensi menjauhkan perguruan tinggi dari misi utamanya. Karena itu, apapun strategi yang diambil untuk merespons perubahan sudah seharusnya perguruan tinggi tidak mengkhianati misinya.

Semangat kolegialitas yang beberapa tahun terakhir dilantangkan kembali karenanya bukan tanpa alasan.

Rektor UII ini menyebutkan bahwa misi utama UII haruslah dijaga dengan penuh kesadaran, tidak terjebak pada narasi publik yang tidak selalu sejalan dengan nilai nilai yang diyakini UII.

“Mari jadikan peringatan Milad ke-79 ini sebagai momentum untuk menegaskan keadaran kolektif semua warga UII dalam menjaga idealisme,” ucap Prof. Fathul.

*Jika artikel ini bermanfaat, silakan dishare kepada saudara, sahabat dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*