Kongregasi Pendidikan Katolik Keluarkan Instruksi untuk Sekolah Katolik, Begini Isinya

Pembelajaran Tatap Muka di SD Tarakanita 5 Rawamangun Jakarta
Pembelajaran Tatap Muka (PTM) Terbatas di SD Tarakanita 5 Rawamangun Jakarta (KalderaNews/Dok. Tarakanita)
Sharing for Empowerment

VATIKAN, KalderaNews.com – Kongregasi Pendidikan Katolik Vatikan merilis instruksi baru bagi lembaga pendidikan Katolik yang berfokus pada identitas sekolah Katolik dan tantangan saat ini. Prinsip yang mendasari instruksi baru ini adalah mendidik merupakan gairah yang selalu dibarui.

Dokumen yang dirilis Kongregasi Pendidikan Katolik itu bertajuk “Identitas Sekolah Katolik untuk Budaya Dialog”. Ini merupakan alat yang ringkas dan praktis berdasarkan dua motivasi, yaitu “perlunya kesadaran yang lebih jelas dan konsistensi identitas Katolik dari lembaga-lembaga pendidikan Gereja di seluruh dunia,” serta “pencegahan konflik dan perpecahan di sektor penting pendidikan.”

BACA JUGA:

Dokumen tersebut termasuk dalam tujuan Global Compact on Education, yang diinginkan Paus Fransiskus, sehingga Gereja dapat tetap kuat dan bersatu dalam bidang pendidikan, serta berkontribusi pada pembangunan dunia yang lebih bersaudara.

Gereja, Ibu dan Guru

Instruksi tersebut menyoroti bahwa Gereja adalah “ibu dan guru”; tindakan pendidikannya, oleh karena itu, bukan “pekerjaan filantropis”, tetapi merupakan bagian penting dari misinya, berdasarkan prinsip-prinsip dasar, yang pertama dan terutama hak universal untuk pendidikan.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*