Siapa Penemu Angka Nol? Angka Penting dalam Matematika Itu

hadiah nobel, nobel matematika, nobel prize, penghargaan nobel
Ilustrasi: Matematika (KalderaNews/Ist)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Angka nol merupakan angka yang cukup penting. Angka nol ini dapat berperan sebagai bilangan bulat, bilangan real, dan struktur aljabar. Sehingga tanpa ada angka nol maka sistem bilangan akan sulit diartikan dan digunakan.

Angka nol juga mempunyai peran penting dalam sistem perkalian. Angka ini juga bila dipakai alam pengurangan atau penjumlahan hasilnya juga akan tetap, tidak berubah. Angka nol memiliki banyak sekali peran dalam matematika, maka bisa dikatakan bahwa angka ini merupakan angka istimewa dalam ilmu matematika.

BACA JUGA:

Angka nol dalam sistem bilangan matematika tidak serta merta langsung muncul begitu saja. Beberapa catatan sejarah menyebutkan bahwa angka nol pada dasarnya sudah ada sejak zaman Babilonia, ratusan tahun sebelum masehi. Pada masa itu konsep angka nol lebih sering dipakai oleh orang Babilonisa untuk melakukan penghitungan terhadap musim yang akan terjadi.

Penggunaan angka nol yang dilakukan oleh para ilmuwa pada saat itu disebabkan belum adanya angka-angka seperti saat ini. Angka nol mewakili suatu ketiadaan yang sudah sebenarnya disadari oleh orang-orang pada zaman Babilonia atau bahkan zaman sebelumnya.   




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*