SMPK 2 PENABUR dan SMAK 5 PENABUR Wakili Indonesia Evaluasi Sistem Pendidikan Dunia Via PISA 2022




PISA PENABUR 2022
Administrator Tes Puspendik, Abdul Rohman memberikan piagam penghargaan kepada SMPK 2 PENABUR karena telah berpartisipasi di dalam Studi Utama OECD Programme for International Student Assessment (PISA) 2022 (KalderaNews/Humas PENABUR)

JAKARTA, KalderaNews.com – SMPK 2 PENABUR dan SMAK 5 PENABUR dipilih oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) untuk mewakili Indonesia mengikuti Programme for International Student Assessment (PISA) 2022.

PISA merupakan survei internasional dalam bidang pendidikan yang melibatkan lebih dari 85 negara dengan peserta berusia 15 tahun. PISA mengukur pemahaman peserta didik dalam kemampuan membaca, sains, matematika, dan berpikir kreatif. Pengukuran ini bertujuan untuk menilai kesiapan siswa dalam menghadapi kehidupan dewasa.

PISA diinisiasi oleh Organisation for Economic Cooperation and Development (OECD), sebuah organisasi internasional yang memiliki 38 negara sebagai anggota dan menerima prinsip demokrasi perwakilan serta ekonomi pasar bebas. OECD berdiri pada 16 April 1948 dan berkantor pusat di Paris, Prancis.

BACA JUGA:

“Pelatihan untuk persiapan PISA bagi tenaga pendidik oleh Kemendikbud Ristek telah berlangsung sejak November 2021. Setelah guru menerima pelatihan, 42 siswa yang dijadikan sampling diberikan pendampingan dengan mengadakan kelas tambahan yang bertujuan mengarahkan siswa menggunakan aplikasi SDS PISA. Lalu, untuk materi ujian sudah terintegrasi di dalam pembelajaran di kelas,” jelas Boanerges Tiberias, Kepala SMAK 5 PENABUR.

Maryuningtyas selaku Kepala SMPK 2 PENABUR turut menyampaikan peserta didik SMPK 2 PENABUR mendapatkan pendampingan dari Kampus Merdeka melalui kelas tambahan untuk pelajaran literasi selama satu bulan pada Januari 2022.

“Saya berharap melalui PISA 2022 dapat memperoleh data perbaikan kualitas pendidikan di Indonesia, sehingga tercipta SDM unggul yang menjadi daya saing pertumbuhan ekonomi,” tandas Boanerges Tiberias.

Pelaksanaan PISA 2022 di SMAK 5 PENABUR berlangsung pada Rabu, 18 Mei 2022, pukul 08.00-13.00 WIB dan di SMPK 2 PENABUR pada Jumat, 20 Mei 2022 pukul 08.00-11.00 WIB secara offline.

“Bentuk soalnya pilihan ganda dan isian singkat. Tipe cara pengerjaan soalnya banyak dan kreatif. Seru dan menyenangkan dapat berpartisipasi dalam PISA 2022,” kesan Hendro, peserta didik SMAK 5 PENABUR.

Sekolah dan peserta didik pun mendapatkan sertifikat penghargaan dari Kemendikbudristek karena telah berpartisipasi di dalam studi utama OECD Programme for International Student Assessment (PISA) 2022.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*