Tenaga Pendidik Bakal Bisa Lihat Rapor Pendidikan ANBK, Saat Ini Masih Kepala, Operator dan Pejabat Dinas




Ujian Nasional (UN) jenjang SMP di Pangkalpinang
Ujian Nasional (UN) jenjang SMP di Pangkalpinang (KalderaNews/Pemkot Pangkalpinang)

JAKARTA, KalderaNews.com – Tim Produk Platform Rapor Pendidikan WarTek Kemendikbudristek, Maria Theresia menjelaskan yang dapat mengakses Rapor Pendidikan hasil Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) hanyalah kepala dan operator satuan pendidikan serta pejabat dinas yang ditunjuk.

Namun pada rilis berikutnya, tenaga pendidik juga akan diberikan akses untuk masuk ke platform Rapor Pendidikan. Untuk masuk ke platform Rapor Pendidikan harus menggunakan akun belajar.id.

“Rapor Pendidikan ini sendiri merupakan sebuah platform yang menyajikan hasil Asesmen Nasional dan data lainnya untuk mengetahui capaian satuan pendidikan dalam tampilan yang terintegrasi. Platform ini ditujukan supaya satuan pendidikan dan pemerintah daerah dapat menggunakan data menjadi bahan untuk refleksi, dan mengidentifikasi tantangan pendidikan di satuan pendidikan dan daerah masing-masing,” kata Maria.

BACA JUGA:

Ketika sudah masuk ke rapor pendidikan, pada beranda nanti akan ada tampilan NPSN, alamat, dan kota serta provinsi. Lalu di halaman Rapor Pendidikan ada ringkasan eksekutif atau executive summary.

Di halaman executive summary ini akan tampak dimensi-dimensi dan indikator, seperti terdapat mutu hasil belajar peserta didik, ada iklim keamanan inklusivitas di satuan pendidikan dan ada kompetensi guru dan tenaga kependidikan.

Selanjutnya di sana juga terdapat bagian mutu hasil belajar peserta didik, dan satuan pendidikan dapat melihat indikator kemampuan literasi, numerasi, serta indeks karakter.

“Yang perlu diingat adalah platform Rapor Pendidikan ini bukan untuk menghakimi. Tapi lebih untuk mengetahui bahwa posisi satuan pendidikan itu ada di mana, dan seperti apa yang harus diperbaiki kinerjanya,” tutupnya.

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan share pada saudara, sahabat dan teman-temanmu!




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*