Unika Atma Jaya Komitmen Jadi Center Layanan Soal Demensia dan Alzheimer




Ilustrasi: Kampus Unika Atma Jaya Semanggi, Jakarta. (Ist.)
Ilustrasi: Kampus Unika Atma Jaya Semanggi, Jakarta. (Ist.)

JAKARTA, KalderaNews.com – Menyambut Dies Natalis Universitas Katolik Indonesia (Unika) Atma Jaya Jakarta yang ke-62, bersama Ganjar Pranowo adakan webinar secara hybrid, mengenai demensia dan alzheimer.

Webinar mengenai alzheimer tersebut, diadakan Unika Atma Jaya Jakarta bekerja sama dengan Alzheimer’s Indonesia (ALZI) dan Yayasan Kristen untuk Kesehatan Umum (YAKKUM) mengambil tema “Gerakan 1000 Lansia Melawan Pikun.”

Webinar yang berlangsung di Kampus I Semanggi Unika Atma Jaya, pada Jumat, 27 Mei 2022 itu menghadirkan Guru Besar Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) Unika Atma Jaya sekaligus Dokter Spesialis Saraf, Prof. Dr. dr. Yuda Turana, Sp.S (K).

BACA JUGA:

Dimana Prof. Dr. dr. Yuda Turana, Sp.S (K) telah melakukan riset mengenai penyakit Alzheimer yang berfokus pada perkembangan penyakit Alzheimer (pikun) di tengah situasi pandemi Covid-19 yang melanda dunia.

Dalam banyak literatur dikatakan bahwa, alzheimer sendiri merupakan penyakit otak yang menyebabkan kehancuran memori, kebingungan, hingga menurunkan kinerja berpikir serta berbicara si penderitanya.

“Kondisi dan situasi yang dialami oleh penderita tidak boleh diterima dengan pasrah. Deteksi dini dapat membantu keluarga menghindari dampak psikologis dan finansial yang lebih berat. Keluarga menjadi salah satu generasi muda, perlu aktif menciptakan lansia yang sehat dan independen dengan menciptakan support system yang ideal bagi lansia.” ungkap Prof. Yuda.  

Yang menarik lagi adalah, dimana Unika Atma Jaya sebagai institusi pendidikan berkomitmen mengembangkan Atma Jaya – Alzheimer Indonesia (ATZI) Center of Excellence, yang menjadi pusat pelayanan terpadu dengan fokus Demensia Alzheimer.

Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) Unika Atma Jaya dalam hal ini juga turut berperan dalam mengembangkan penelitian kesehatan masyarakat.

Dukungan penuh juga datang dari Alzheimer’s Indonesia (ALZI) Indonesia sebagai bentuk nyata kepedulian terhadap lansia dengan melakukan serangkaian kegiatan untuk mendorong ketersediaan layanan deteksi dini demensia yang andal di puskesmas, posyandu, rumah sakit, dan layanan kesehatan lainnya.

Sampai dengan hari ini, setidaknya lebih dari 1000 lansia yang terlibat dalam menyukseskan #Gerakan1000LansiaMelawanPikun.

“Tahun ini kami mencanangkan #Gerakan1000LansiaMelawanPikun melalui serangkaian aktivitas dan menggandeng komunitas sehingga lansia memiliki wadah untuk tetap aktif dan produktif dan memaksimalkan potensi yang dimiliki,“ jelas Direktur Eksekutif Yayasan Alzheimer Indonesia (ALZI), Michael Dirk Roelof, M.Psi.

*Jika artikel ini bermanfaat, silakan dishare kepada saudara, sahabat dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*