6 Cara Mengatasi Mata Buram Saat Main HP

Mata Minus Anak-anak
Mata Minus Anak-anak (KalderaNews/Ist)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Kehidupan kita sehari-hari memang tidak bisa dilepaskan dari teknologi dan gawai. Sebut saja HP, dari kita terbangun hingga tidur lagi, kita selalu menggunakan HP sebagai alat bantu kita dalam segala hal.

Namun, sungguh disayangkan, main HP yang terlalu lama dapat membuat dampak yang buruk bagi mata. Salah satunya adalah mata buram atau penglihatan kabur. Gejala ini biasanya mulai muncul saat mata mulai terasa lelah dan kering.

BACA JUGA:

Inilah cara mengatasi mata buram akibat main HP yang perlu kita tahu.

Istirahatkan mata sejenak

Mata buram dapat timbul saat mata mulai merasa kelelahan karena terlalu lama menatap layar HP maupun gawai lainnya. Karena alasan tersebut cara terbaik untuk mengatasi mata lelah adalah dengan mengistirahatkan mata sejenak. Hal ini dapat dilakukan dengan berhenti menggunakan HP untuk beberapa saat.

Contohnya kamu bisa berhenti selama satu menit setelah menggunaan HP selama dua jam tanpa henti. Selain cara tersebut, kamu bisa mengalihkan dari layar HP selama setidaknya 20 detik setiap 20 menit. Cobalah menatap suatu benda yang berjarak cukup jauh dari posisimu.

Kedipkan mata

Selaina karena kelelahan, mata buram juga bisa terjadi karena mata mulai terasa kering akibat menatap layar HP terlalu lama. Saat sedang menatap layar digital, kebanyakan orang cenderung lebih jarang berkedip. Padahal normalnya seseorang seharusnya berkedip sebanyak 18 kali per menit. Akibat jarang berkedip saat menggunakan HP, mata bisa menjadi kering.

Hal ini bertambah buruk jika kamu sedang berada di lingkungan atau suhu ruangan yang kering, misalnya di ruangan ber-AC atau yang memiliki pemanas ruangan. Agar mata kembali lembab dan basah, kamu bisa kedipkan mata beberapa kali.

Gunakan tetes mata

Selain berkedip, ada beberapa jenis obat tetes mata yang bisa digunakan untuk membantu meredakan gejala penglihatan abur akibat mata terlalu kering. Obat tetes mata ini bisa diberi secara bebas di toko obat atau apotek. Penggunaan obat tetes mata ini sama dengan cara menggunakan obat tetes mata pada umumnya.

Perbaiki posisi

Postur tubuh yang kurang baik dapat mempengaruhi kemampuan mata untuk melihat dengan jelas saat menggunakan HP. Jarak HP dari mata yang disarankan yakni sekitar 50-70 cm. sementara untuk sudut pandang  atau angle saat menatap layar HP sebaiknya berjarak sekitar 10-12 cm di bawah mata.

Hindari pantulan layar HP

Sama seperti permukaan kaca pada umumnya, layar HP bisa memantulkan benda atau objek yang ada di depannya. Hal bisa mengganggu penglihatan sehingga mata harus harus bekerja lebih keras untuk melihat apa yang ada di layar HP.

Oleh sebab itu, sebisa mungkin hindari adanya pantulan benda lain pada layar HP saat sedang menggunakannya. Untuk menghindari pantulan tersebut, kamu bisa melakukan beberapa cara seperti berikut:

  • Menutup tirai pada jendela.
  • Menggunakan lampu dengan watt yang rendah.
  • Meredupkan cahaya lampu.
  • Menggunakan pelindung kayar HP yang dapat meredakan pantulan.

Gunakan kacamata yang sesuai

Bila kamu telah menggunakan kacamata sebelumnya karena rabun jauh atau silinder, terus pakai kacamatamu saat menggunakan HP. Hal tersebut membuat matamu lebih fokus saat melihat layar HP, sehingga tidak harus bekerja terlalu keras untuk bisa melihat dengan jelas. Pastikan kamu secara periodik juga memeriksakan kondisi matamu siapa tahu ukuran kacamata yang kamu pakai telah berubah.

Itulah cara yang mengatasi bila mata buram saat menggunakan HP atau gawai lain. Meskipun sepele, kesehatan mata itu penting untuk diperhatikan ya, Gengs!

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*