Pakai Medsos Apa Saja? Inilah Sejarah Media Sosial yang Perlu Kita Tahu

Ilustrasi: Fenomena buzzer di media sosial. (Ist.)
Ilustrasi: Media sosial. (KalderaNews/Ist.)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Kehidupan kita sebagai generasi milenial dan Z dekade ini tentu tidak lepas dari yang namanya media sosial. Media sosial merupakan media daring yang berguna untuk berkomunikasi, berbagi, dan juga menyampaian opini. Beragam jenis media sosial juga sudah main berkembang.

Sejak kapan kamu mulai mengenal media sosial dan apa yang kamu pakai tentu saja kamu masih ingat betul, bukan. Inilah sejarah media sosial di dunia.

BACA JUGA:

Sejarah media sosia diawali pada tahun 1970-an ketika ditemukan sistem papan bulletin untuk menghubungkan satu orang dengan orang lain melalui surat elektronik atau e-mail dengan cara mengunggah dan mengunduh sebuah perangkat lunak. Saat itu, aktivitas tersebut masih menggunakan saluran telepon yang terhubungan dengan modem.

Tahun 1995, muncul situr GeoCities yang memberikan layanan penyewaan penyimpanan data website agar bisa diases di mana saja. GeoCities merpakan tonggal awal berdirinya beragam website.  Sekitar tahun 1997 hngga 1999 lahirlah media sosial pertama yaitu sixdegree.com  dan classmate.com. pada tahun itu juga muncul situs untuk membuat blog pirbadi yaitu Blogger. Situs ini menawarkan penggunanya untuk membuat situs sendiri, sehingga pengguna Blogger dapat mengunggah beragam hal dalam situsnya tersebut. Tahun 2003, Blogger secara resmi dibeli oleh Google.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*