Buruan, Pendaftaran Beasiswa AMCI untuk Kuliah di Timur Tengah dan Afrika Tutup 17 Juni 2022




Universitas Al Azhar Mesir (KalderaNews/Ist)

JAKARTA, KalderaNews.com – Hingga saat ini, minat masyarakat Indonesia untuk melanjutkan studi ke Timur Tengah semakin meningkat. Kini, ada lebih dari 10.000 mahasiswa Indonesia belajar di berbagai perguruan tinggi di Timur Tengah dan Afrika.

Sebagian besar mereka belajar di Universitas Al-Azhar, Kairo Mesir, Universitas Internasional Afrika Khartoum Sudan dan Universitas Muhammad V Rabbat Marokko.

BACA JUGA:

Moroccan Agency for International Cooperation (AMCI) melalui Kedutaan Maroko setiap tahun memberikan kuota beasiswa untuk Kementerian Agama dan pada tahun 2022 ini, Kementerian Agama mendapat kuota beasiswa sebanyak 30 orang.

Kementerian Agama akan mengadakan Seleksi Calon Mahasiswa Penerima Beasiswa AMCI bagi lulusan Sekolah Menengah Atas, Madrasah Aliyah, Pendidikan Diniyah Formal Ulya/Satuan Pendidikan Muadalah dan sederajat di Indonesia.

Persyaratan mengikuti seleksi Beasiswa AMCI

  1. Pendaftaran hanya bisa dilakukan oleh lulusan tahun 2021 dan 2022
  2. Melakukan pendaftaran melalui website http//diktis.kemenag.go.id.
  3. Peserta menggunakan email sendiri yang aktif ketika melakukan pendaftaran. Satu email hanya bisa dipakai untuk satu peserta.
  4. Peserta memilih perguruan tinggi lokasi seleksi.
  5. Pemilihan lokasi seleksi hanya untuk memudahkan koordinasi seluruh penyelenggaraan seleksi di berbagai wilayah di Indonesia.
  6. Membayar uang pendaftaran apabila dinyatakan lolos verifikasi berkas.

Dokumen yang dibutuhkan

  1. Ijazah dan transkrip nilai untuk lulusan 2021.
  2. Surat keterangan lulus bagi lulusan tahun 2022.
  3. Pas foto berwarna ukuran 3×4 (tanpa cadar bagi perempuan)

Jadwal pendaftaran

  1. Pendaftaran peserta program seleksi calon mahasiswa ke Timur Tengah (Beasiswa Maroko) dari tanggal 13 – 17 Juni 2022.
  2. Peserta lolos verifikasi dokumen dan mekanisme pembayaran akan diumumkan pada tanggal 20 Juni 2022 melalui website http//diktis.kemenag.go.id.
  3. Pembayaran dilakukan paling lambat tanggal 22 Juni 2022 pukul 23.59 WIB. Bagi yang sudah membayar tetapi tidak mengikuti tahapan tes sesuai dengan yang telah ditentukan, maka biaya pendaftaran tidak dapat ditarik kembali.
  4. Nama-nama peserta tes akan diumumkan pada tanggal 24 Juni 2022 di website http//diktis.kemenag.go.id dan akan dilanjutkan dengan simulasi pelaksanaan CBT online di hari dan tanggal yang sama pada pukul 13.30 – 16.00 WIB.

Mekanisme pelaksanaan seleksi

Seleksi Beasiswa AMCI akan dilakukan melalui 2 tahap:

  • Tahap 1 (pertama) adalah seleksi kemampuan Bahasa Arab CBT online yang akan dilaksanakan pada tanggal 25 Juni 2022. Peserta mengikuti CBT online dari rumah/lokasi masing-masing.
  • Peserta yang lolos CBT online akan diumumkan pada tanggal 27 Juni 2022 melalui website http//diktis.kemenag.go.id.
  • Tahap 2 (kedua) adalah seleksi wawancara (bagi mereka yang lolos CBT online ), yang akan dilaksanakan pada tanggal 28 Juni 2022.

Mekanisme wawancara akan diinformasikan tanggal 27 Juni 2022 bersamaan dengan pengumuman peserta lolos CBT online.

Peserta yang lolos seleksi adminitrasi dan terverifikasi dikenakan biaya sebesar Rp 250.000. Pembayaran dilakukan melalui nomor rekening UIN Syarif Hidayatullah Jakarta yang akan diberikan saat pengumumam peserta yang lolos verifikasi dokumen tanggal 20 Juni 2022.

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*