3 Tip Mendampingi Tumbuh Kembang Anak Biar Nggak Speech Delay

Seorang ibu mendongeng untuk anak sebelum tidur
Seorang ibu mendongeng untuk anak sebelum tidur (KalderaNews/Ist)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Muthia Devita dari Pendidikan Inklusi Cikal menjelaskan bahwa terdapat 3 cara yang dapat dilakukan oleh orang tua di dalam keseharian bersama buah hatinya biar tidak speech delay.

Dalam mendampingi anak dengan speech delay, terangnya, kesadaran orang tua sangat penting dan berperan kuat dalam prosesnya.

BACA JUGA:

Ia lantas menyebutkan 3 cara yang wajib dilakukan secara berkala dan berulang agar anak terus berkembang, bertumbuh dengan baik dan tidak speech delay:

1). Ajak Anak Berbicara dan Bercerita Secara Berkala

“Orang tua harus sering mengajak anak berbicara dan bercerita tentang kegiatan yang telah dilakukan. Dengan melakukan refleksi kegiatan dapat membantu memori bahasa pada anak atau dapat juga membacakan cerita dari buku-buku yang ada,” tutur Muthia Devita.

Memahami bahwa dalam proses tumbuh kembangnya anak-anak sejak dini harus didampingi dengan kebiasaan berbicara agar terstimulasi dengan baik kemampuan berbahasanya. Dalam hal ini, orang tua harus dapat memberikan prioritas waktunya untuk membangun kebiasaan berbicara, berkomunikasi, dan bercerita.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*