Berikut 12 Film tentang Kemerdekaan Indonesia, Yuk Ditonton Jelang 17 Agustus

Sharing for Empowerment

Guru Bangsa: Tjokroaminoto (2015)

Film ini mengisahkan hidup Tjokroaminoto yang diperankan Reza Rahadian, yang adalah keturunan bangsawan dengan latar belakang keislaman yang kuat.

Tetapi, ia memilih melepas status bangsawannya dan hidup mandiri di Surabaya bersama istri dan anaknya.

Di sana, ia bertemu dengan Haji Samanhoedi yang memintanya memimpin Sarekat Islam, organisasi Islam yang kerap menentang penjajahan Belanda.

Kartini (2017)

Film biografi ini mengisahkan perjuangan Kartini yag diperankan Dian Sastrowardoyo untuk melawan tradisi karena bukan keturunan ningrat.

Pahlawan perempuan ini juga berusaha menyetarakan hak perempuan. Salah satunya dengan mendirikan sekolah bagi orang miskin.

Sultan Agung: Tahta, Perjuangan, dan Cinta (2018)

Film biografi ini mengisahkan Raden Mas Rangsang yang menjadi Sultan Agung Hanyakrakusuma, raja baru di Kerajaan Mataram Islam.

Ia memimpin pasukannya untuk menyerang Belanda di Batavia. Pasalnya, perusahaan dagang Belanda, VOC mengingkari perjanjian dagang degan Kerajaan Mataram.

Perburuan (2019)

Film ini mengisahkan perburuan bekas tentara Pembela Tanah Air (PETA) bernama Hardo (Adipati Dolken) oleh pemerintah Jepang. Padahal, Hardo dan PETA sudah kalah dari tentara Jepang.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*