Begini Bunyi Teks Proklamasi dalam Bahasa Inggris

Proklamasi Kemerdekaan RI. (Ist.)
Proklamasi Kemerdekaan RI. (Ist.)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Ternyata ada teks resmi Proklamasi Kemerdekaan RI yang diterjemahkan dalam bahasa Inggris lho.

Teks proklamasi Kemerdekaan RI bahasa Inggris tersebut bisa ditemukan di arsip Kementerian Luar Negeri di Yogyakarta tahun 1948 yang dimiliki oleh George McTurnan Kahin.

George McTurnan Kahin, seorang sejarawan Cornell University Amerika Serikat, yang tulisannya terkonsentrasi pada peristiwa-peristiwa di Indonesia.

BACA JUGA:

George McTurnan Kahin disebut seorang Indonesianis, karena sepanjang hidupnya dihabiskan untuk menulis sejarah Indonesia dan Asia Tenggara.

Kahin mendapatkan arsip naskah proklamasi yang diberikan Haji Agus Salim yang saat itu menjabat sebagai Menteri Kementerian Luar Negeri Indonesia di Yogyakarta pada tahun 1948.

Teks naskah asli proklamasi adalah menggunakan bahasa Indonesia.

Sementara salinan naskah proklamasi dalam bahasa Inggris ini diterjemahkan oleh staf Kementerian Luar Negeri Indonesia tahun 1948.

Nah, berikut teks proklamasi dalam bahasa Inggris yang merupakan salinan dan terjemahan yang dimiliki George McTurnan Kahin:




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*