Berikut 20 SMA Terbaik di Luar Jawa Berdasarkan Nilai UTBK 2022

Siswi SMA. (Ist.)
Siswi SMA. (Ist.)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com ā€“ Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) merilis daftar sekolah jenjang SMA, MA, dan SMK berdasar nilai rerata UTBK 2022. Dan inilah 20 SMA terbaik di luar Jawa baik negeri maupun swasta.

Ketua LTMPT Prof. Mochamad Ashari meminta agar pemeringakatan ini jangan dinilai sebagai penilaian sekolah terbaik.

Rilis ini adalah bentuk pertanggungjawaban atau akuntabilitas LTMPT kepada masyarakat untuk mengetahui SMA/MA atau SMK yang mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) secara nasional.

BACA JUGA:

Diketahui, pada 2022 LTMPT menyelenggarakan UTBK yang diikuti sebanyak 23.657 sekolah dengan peserta yang ikut sebanyak 745.115 orang.

Metode perhitungan sampai didapat 1.000 sekolah yakni dari jumlah peserta di setiap sekolah sebanyak minimum 40 orang. Dari situ sekolah yang memenuhi kriteria hanya 3.381 saja, sedangkan untuk pesertanya ialah 515.165 orang.

Selanjutnya, nilai UTBK dihitung berdasarkan hasil 60 persen TPS plus 40 persen TKA. TPS berdasarkan rerata TPS tiap peserta dari sekolah tersebut, TKA berdasarkan rerata TKA (Saintek dan Soshum) tiap perserta dari sekolah tersebut dan untuk peserta yang ikut ujian campuran, nilai TKA-nya diambil yang tertinggi.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*