Didominasi Pelajar Sekolah Swasta, Delapan Siswa Ini Siap Berlaga di Olimpiade Informatika Internasional




Tim Indonesia dalam Olimpiade Informatika Internasional. (Dok.Puspresnas)
Tim Indonesia dalam Olimpiade Informatika Internasional. (Dok.Puspresnas)

YOGYAKARTA, KalderaNews.com – Delapan pelajar terbaik Indonesia siap mengikuti ajang Olimpiade Informatika Internasional atau International Olympiad in Informatics (IOI) yang ke-34 pada 7-15 Agustus 2022 di Yogyakarta.

BACA JUGA:

Karena Indonesia menjadi tuan rumah IOI pada tahun ini, Indonesia berkesempatan untuk mengirim dua tim atau delapan pelajar. Mereka adalah:

  • Albert Yulius Ramahalim (SMA Katolik Ricci I Jakarta Barat)
  • Juan Carlo Vieri (SMA Intan Permata Hati Surabaya)
  • Maximilliano Utomo (SMA Xin Zhong Surabaya)
  • Joseph Oliver Lim (SMAK 1 Penabur Jakarta)
  • Ariel Putra (SMA Kristen Petra 4 Sidoarjo)
  • Matthew Allan (SMA Kanisius Jakarta)
  • Andrew (SMA S Sutomo 1 Medan)
  • Vannes Wijaya (SMAN 8 Pekanbaru)

Pelaksana Tugas (Plt.) Kepala Pusat Prestasi Nasional, Asep Sukmayadi menyampaikan motivasi kepada 8 pelajar Indonesia yang akan siap berkompetisi di ajang IOI.

“Ajang IOI tahun ini istimewa karena kita menjadi tuan rumah penyelenggaraan dan mendapat kesempatan mengirim dua tim. Untuk Tim Olimpiade Komputer Indonesia berikan yang terbaik dan buktikan di dunia informatika internasional. Selamat berjuang,” kata Asep Sukmayadi.

Ajang kompetisi internasional ini akan memberikan tantangan kemampuan algoritma dan berpikir komputasional melalui soal-soal. Maka, peserta tidak hanya memiliki kemampuan informatika, tapi juga harus kreatif dan mampu menginterpretasikan soal-soal yang ada.

Delapan pelajar ini kini tengah mengikuti pembinaan secara intensif sejak 24 Juli hingga 7 Agustus 2022 mendatang sebelum pelaksanaan IOI dimulai. Mereka dibimbing oleh 15-16 orang yang pernah mengikuti ajang kompetisi IOI atau sejenis.

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*