Inilah Penemu CCTV, Awalnya untuk Mengawasi Peluncuran Roket

Penemu CCTV, Walter Bruch. (Dok. alchetron)
Penemu CCTV, Walter Bruch. (Dok. alchetron)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Closed Circuit Television atau yang dikenal dengan istilah CCTV sedang marak diperbincangan publik terkait kasus pembunuhan yang diduga menjerat para petinggi di institusi kepolisian.

Lantaran, hasil rekaman CCTV dapat menjadi barang bukti sebuah tindak kejahatan di muka hukum. Nah, tahukah kamu siapa yang menemukan sistem pengawasan CCTV ini?

BACA JUGA:

Sebenarnya, CCTV merupakan sebuah televisi yang dioperasikan menggunakan sinyal yang bersifat tertutup, berbeda dengan televisi biasa yang memakai sinyal siaran.

Kini, sistem CCTV banyak digunakan di berbagai lembaga dan wilayah, seperti seperti militer, polisi, bandara, toko, kantor, dan pabrik. Bahkan, saat ini banyak rumah yang telah menggunakan teknologi ini.

CCTV pertama kali ditemukan seorang insinyur asal Jerman bernama Walter Bruch. Kala itu, ia menciptakan sebuah sistem televisi yang terdiri dari kamera, digital video recorder (DVR), dan monitor (output untuk CCTV).

Sistem televisi sirkuit tertutup ini pertama kali dirancang dan dipasang untuk mengawasi proses peluncuran roket V-II pada 1942. Ketika itu, CCTV yang digunakan diproduksi Siemens AG.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*