Vannes Wijaya, Raih Medali Perak dalam IOI 2022 Belajar Programing Secara Otodidak




Vannes Wijaya Peraih Medali Perak pada IOI 2022 (Dok. BKHM Kemendikbudristek)
Vannes Wijaya Peraih Medali Perak pada IOI 2022 (Dok. BKHM Kemendikbudristek)

PEKANBARU, KalderaNews.com – Vannes Wijaya merupakan siswa sekolah menengah atas dari Kota Pekan Baru yang baru-baru ini meraih medali perak pada International Olympiad in Informatics (IOI) 2022.

Perlombaan tersebut diadakan di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) pada Minggu, 14 Agustus 2022.

Vannes mengaku bahwa ia mempelajari programing secara mandiri alias otodidak, dimana sejak kecil ia juga menyukai pelajaran matematika.

BACA JUGA:

Dirangkum dari berbagai sumber, dikatakan bahwa Vannes menjadi salah satu perwakilan dari Indonesia pada ajang tersebut berkompetisi dengan ratusan siswa dan siswi dari berbagai negara.

Awal keikusertaan Vannes dalam ajang internasional tersebut dimulai dari seleksi tingkat sekolah, kota, provinsi dan nasional.

Bersama 2 rekannya dalam satu tim, Vannes mewakili Indonesia untuk berlomba dalam ajang programing tingkat Internasional.

Hasilnya, Vannes berhasil menyabet medali perak dalam IOI 2022 yang ke-34 dan menjadi salah satu utusan dari Tim Indonesia. Sementara lima perwakilan Indonesia lainnya mendapatkan medali perunggu.

Atas prestasi yang membanggakan nama anak Indonesia pada IOI 2022 tersebut, Kemendikbudristek memberikan respon positif.

Dimana para peserta perwakilan Indonesia yang telah berlaga di kancah Internasiol tersebut akan mendapatkan beasiswa dari Kemendikbudristek ke jenjang pendidikan tinggi.

Dan sampai berita ini diturunkan, diantara para peserta perwakilan Indonesia pada ajang IOI 2022, sudah ada yang diterima di perguruan tinggi terbaik Singapura dan perguruan tinggi terbaik di Indonesia.

*Jika merasa artikel ini bermanfaat silakan dishare kepada saudara, sahabat dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*