LTMPT Resmi Dibubarkan, Gantinya BP3 yang Diurus Langsung Kemendikbudristek

Ilustrasi: Persyaratan, Tahapan, Biaya, dan Tanggal Penting UTBK-SBMPTN 2021. (KalderaNews.com/Ist.)
Ilustrasi: Persyaratan, Tahapan, Biaya, dan Tanggal Penting UTBK-SBMPTN 2021. (KalderaNews.com/Ist.)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) resmi dibubarkan dan diganti Balai Pengelolaan Pengujian Pendidikan (BP3) terkait tugasnya melakukan seleksi masuk perguruan tinggi negeri (PTN) tahun 2023.

Ketua LTMPT, Prof. Mochamad Ashari dalam surat edarannya menjelaskan dasar hukum pembubaran dan penggantian LTMPT menjadi BP3 adalah Permendikbud Ristek Nomor 48 Tahun 2022 tentang Penerimaan Mahasiswa Baru Program Diploma dan Sarjana pada PTN bertanggal 1 September 2022.

BACA JUGA:

Dengan kebijakan terbaru ini, penyelenggara tes seleksi masuk PTN akan ditarik dan diurus ke Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi.

Apalagi, Mendikbud Ristek Nadiem Makarim telah menerbitkan keputusan Nomor 346/P/2022 tentang tim persiapan seleksi nasional penerimaan mahasiswa baru pada PTN tahun 2023 mulai dari seleksi nasional berdasarkan prestasi, seleksi nasional berdasarkan tes dan seleksi secara mandiri oleh PTN.

Seleksi nasional berdasarkan prestasi, sebelumnya adalah Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Seleksi nasional berdasarkan tes sebelumnya adalah Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*