40 Siswa Ikut Seleksi untuk Wakili Indonesia di International Junior Science Olympiad 2022

Seleksi peserta untuk Wakili Indonesia di International Junior Science Olympiad (IJSO) 2022. (Dok.Puspresnas)
Seleksi peserta untuk Wakili Indonesia di International Junior Science Olympiad (IJSO) 2022. (Dok.Puspresnas)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) menggelar Seleksi Tahap II The 19th International Junior Science Olympiad (IJSO) Tahun 2022 secara onsite.

Sebanyak 40 peserta didik bersaing mengikuti seleksi nasional tersebut untuk mewakili Indonesia di ajang IJSO.

IJSO adalah ajang kompetisi bergengsi yang mewadahi para pelajar SMP dalam bidang sains tingkat dunia. Tahun ini, IJSO akan dilaksanakan pada 2-12 Desember 2022 di Bogota, Kolombia.

BACA JUGA:

“Maka, melalui seleksi ini diharapkan dapat menemukan yang terbaik dari yang terbaik. Persiapan yang matang membuat hasil akan maksimal. Adik-adik sekalian, seleksi ini juga memberikan pengalaman dan bekal yang berharga untuk waktu mendatang. Semoga harapan adik-adik bisa terwujud untuk mewakili Indonesia di IJSO tahun ini,” kata Plt. Kepala Pusat Prestasi Nasional, Asep Sukmayadi.

Untuk seleksi tahap pertama telah digelar pada 19 September 2022 dengan jumlah 94 peserta didik dari 24 provinsi di Indonesia.

Dari seleksi tahap I terjaring 40 peserta dari 16 provinsi untuk mengikuti seleksi tahap kedua.

Tercatat provinsi yang mengikuti Seleksi Tahap II yaitu Aceh, Sumatera Utara, Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Barat, dan Sulawesi Tengah.

Dari 40 peserta yang mengikuti seleksi tahap kedua akan dijaring sebanyak 12 siswa untuk mengikuti pahap pembinaan pada 2-16 Oktober 2022.

Dan hanya 6 peserta didik yang akan menjadi wakil Indonesia di ajang IJSO.

Sebelumnya, para peserta merupakan hasil penelusuran Pusat Prestasi Nasional berdasarkan hasil Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2021 dan 2022 dengan persyaratan peserta berusia 16 tahun ke bawah.

Peserta dalam seleksi ini akan mengikuti serangkaian tes seperti ujian mata pelajaran Biologi, Fisika, dan Kimia sesuai dengan bidang yang akan dilombakan di ajang IJSO.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu!




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*