Mau Lihat Kualitas Pendidikan Indonesia, Bisa Akses Rapor Pendidikan Indonesia Di Sini




Laman Rapor Pendidikan Publik. (Dok.Kemendikbudristek)
Laman Rapor Pendidikan Publik. (Dok.Kemendikbudristek)

JAKARTA, KalderaNews.com – Kemendikbudristek telah merilis Rapor Pendidikan Indonesia sebagai upaya perbaikan mutu pendidikan di Indonesia. Masyarakat umum bisa mengakses dengan mudah.

Rapor Pendidikan ini merupakan platform yang menampilkan hasil Asesmen Nasional (AN) dan survei nasional satuan pendidikan (sekolah) atau daerah.

Rapor Pendidikan Publik ini adalah gambaran tentang mutu pendidikan pada suatu wilayah berdasarkan kerangka penilaian yang dikembangkan dari model input, proses, dan output tentang kinerja atau efektivitas satuan pendidikan.

BACA JUGA:

Rapor Pendidikan Publik mencakup sejumlah hal, seperti hasil kemampuan literasi dan numerasi berdasarkan Asesmen Nasional yang telah dilakukan.

Kemampuan literasi adalah kemampuan peserta didik dalam memahami, menggunakan, mengevaluasi, merefleksikan berbagai jenis teks untuk menyelesaikan masalah dan mengembangkan kapasitas individu sebagai warga Indonesia dan warga dunia agar dapat berkontribusi secara produktif di masyarakat.

Sementara kemampuan numerasi adalah kemampuan peserta didik dalam berpikir menggunakan konsep, prosedur, fakta, dan alat matematika untuk menyelesaikan masalah sehari-hari pada berbagai jenis konteks yang relevan untuk individu sebagai warga negara Indonesia dan dunia.

Sekolah dan dinas pendidikan bisa menjadikan Rapor Pendidikan ini sebagai acuan untuk mengidentifikasi masalah, merefleksikan akarnya, dan membenahi kualitas pendidikan secara menyeluruh.

Ada dua jenis Rapor Pendidikan, yakni rapor satuan pendidikan dan rapor pendidikan daerah.

Rapor satuan pendidikan menampilkan indikator juga hasil mutu pendidikan di sekolah, sementara rapor pendidikan daerah menampilkan indikator juga hasil mutu pendidikan dari daerah dan satuan pendidikan di daerah tersebut.

Masyarakat dapat melihat hasil Rapor Pendidikan dengan mengaksesnya DI SINI.

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*