Siswa Berkebutuhan Khusus Raih Empat Penghargaan di Ajang Internasional




Siswa berkebutuhan khusus wakil Indonesia raih prestasi internasional. (Dok. Puspresnas)
Siswa berkebutuhan khusus wakil Indonesia raih prestasi internasional. (Dok. Puspresnas)

BALI, KalderaNews.com – Sebanyak empat penghargaan diraih Peserta Didik Berkebutuhan Khusus (PDBK) di Internasional Cidesco Make Up and Body Art Competition 2022.

Raihan ini membuktikan keterbatasan bukanlah halangan untuk berprestasi.

Ajang internasional ini digelar secara luring di Bali pada pertengahan September lalu.

BACA JUGA:

Sebanyak empat penghargaan berhasil diraih perwakilan Indonesia. Mereka adalah:

  • Juara 1 diraih oleh Astrid (SLB Negeri 1 Badung)
  • Juara 2 diraih oleh Anggia Dwipa Mandiri (SLB Negeri 2 Padang)
  • Juara 3 diraih oleh Arfhila Choirunisa (SLBN Kota Magelang)
  • Juara Favorit diraih Sella Afiamita (SLB Harmoni)

Sebelumnya, mereka adalah pemenang dalam Lomba Keterampilan Siswa Nasional Peserta Didik Berkebutuhan Khusus (LKSN-PDBK) tahun 2021.

Peserta yang mengikuti ajang ini melakukan make up dan body art pada seorang model yang sudah ditentukan. Di akhir pelaksanaan lomba, peserta melakukan presentasi atau catwalk hasil make up dan body art yang dilengkapi dengan aksesoris pendukung.

Mereka menunjukkan karya make up dan body art dengan tema “The Beauty of Heritage”. Sebelumnya Indonesia diwakili oleh enam peserta yang mengangkat keunikan budaya masing-masing dan merealisasikannya dalam goresan make up dan body art.

“Tahun ini temanya The Beauty of Heritage. Kita ambil culture dari setiap provinsi atau daerahnya masing-masing. Untuk penilaiannya dilihat dari keserasian make-up dengan temanya lalu untuk pemilihan warna, kreativitas, dan juga yang terpenting adalah kerapian dan kebersihan selama pengerjaan make-up,” kata Nike Noviana, pelatih Peserta Cidesco Make-up and Body Art.

Kepala Badan Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI) sekaligus Pelaksana Tugas (Plt.) Kepala Pusat Prestasi Nasional, Asep Sukmayadi menyampaikan rasa bangga kepada perwakilan Indonesia di ajang Cidesco Make-Up and Body Art Competition 2022.

“Sungguh luar biasa atas torehan prestasi di ajang internasional ini dan menunjukkan karya yang sangat bagus. Semoga prestasi ini dapat jadi pemantik untuk terus mengembangkan diri,” ujar Asep Sukmayadi.

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*