Trio Aspek dari Prancis, Clauser Amerika dan Zeilinger Austria Memenangkan Nobel Fisika 2022

Peraih Nobel Fisika 2022
Peraih Nobel Fisika 2022 (Foto: Twitter @NobelPrize)
Sharing for Empowerment

STOCKHOLM, KalderaNews.com – Akademi Ilmu Pengetahuan Kerajaan Swedia mengumumkan Hadiah Nobel Fisika 2022 dianugerahkan kepada Alain Aspect dari Prancis, John Clauser dari Amerika Serikat dan Anton Zeilinger dari Austria atas penemuan-penemuannya di bidang mekanika kuantum.

Ketiganya mendapat kehormatan “untuk eksperimen dengan foton terjerat, menetapkan pelanggaran ketidaksetaraan Bell dan mempelopori ilmu informasi kuantum,” kata juri dalam sebuah pernyataan.

“Ilmu informasi kuantum adalah bidang yang dinamis dan berkembang pesat,” kata Eva Olsson, anggota komite Nobel. “Ilmu ini memiliki implikasi luas dan potensial di berbagai bidang seperti transfer informasi yang aman, komputasi kuantum, dan teknologi penginderaan.”

BACA JUGA:

“Asal usulnya dapat ditelusuri ke mekanika kuantum,” katanya.

“Prediksinya telah membuka pintu ke dunia lain, dan itu juga telah mengguncang dasar bagaimana kita menafsirkan pengukuran.”

Sementara fisikawan sering mengatasi masalah yang tampak pada pandangan pertama jauh dari masalah sehari-hari — partikel kecil dan misteri ruang dan waktu yang luas — penelitian mereka memberikan dasar bagi banyak aplikasi praktis sains.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*