Ijazah Jokowi Diperdebatkan Lagi, Begini Cara Mengecek Ijazah Asli atau Palsu

Ijazah (KalderaNews/Ist)
Ijazah (KalderaNews/Ist)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Ijazah merupakan dokumen yang sangat penting. Banyak kesempatan dalam hidup harus menggunakan dokumen tersebut, seperti mendaftar sekolah dan melamar pekerjaan. Namun, tak jarang muncul masalah yang ada kaitannya dengan ijazah. Satu di antaranya apa yang dialami Presiden RI Joko Widodo.  

Presiden Jokowi baru-baru ini mendapat gugatan dari salah seorang warga terkait penggunaan ijazah palsu. Si penggugat melaporkan orang nomor satu di Indonesia itu ke Pengadilan Negeri Jakarta Pusat. Ia menyatakan Jokowi menggunakan ijazah palsu saat mendaftarkan diri sebagai calon presiden pada tahun 2014.

Bukan kali ini ijazah Jokowi menjadi bahan perdebatan yang membuat ramai ruang-ruang diskusi masyarakat. Tahun 2017, buku berjudul ‘Jokowi Undercover’ membuat geger seantero negeri. Isinya antara lain menyebut Jokowi menggunakan ijazah milik orang lain maju dalam pemilu. Sekolah tempat Jokowi pernah mengenyam pendidikan sudah membantah.

BACA JUGA:

Lantas, bagaimana memastikan ijazah yang asli atau yang palsu? Secara fisik, ijazah asli memiliki tekstur berbeda dengan yang palsu dan diproduksi secara khusus di Perusahaan Umum Percetakan Uang Republik Indonesia (Perum Peruri). Ijazah asli memiliki hologram permanen yang menyatu dengan kertas. Lembar ijazah tidak ada cadangan dan memiliki nomor seri khusus.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*