Deteksi Cepat Zero Tolerant Kandungan Non Halal Masih Jadi Persoalan Serius




Logo Halal Indonesia yang baru. (Dok. Kemenag)
Logo Halal Indonesia yang baru. (Dok. Kemenag)

CIBINONG, KalderaNews.com – Plt. Deputi Bidang Pemanfaatan Riset dan Inovasi BRIN, R. Hendrian menegaskan kesadaran masyarakat dunia terhadap produk halal terus tumbuh, bahkan menjadi gaya hidup, tidak terkecuali Indonesia sebagai negara dengan jumlah populasi muslim terbesar di dunia.

“Tingginya permintaan akan produk halal telah mendorong berkembangnya industri halal, yang kemudian berkembang menjadi perspektif baru dalam perkembangan bisnis,” tuturnya pada Halal Tech Forum, Indonesia Research and Innovation Expo (InaRI) Expo di Cibinong pada Sabtu, 29 Oktober 2022.

State of the global islamic report pada tahun 2022 melaporkan bahwa Indonesia menempati peringkat kedua dunia sebagai negara pengguna produk halal.

BACA JUGA:

Namun ekspor produk halal Indonesia hanya 3,8 persen dari pasar halal dunia. Ketimpangan ini membutuhkan dorongan teknologi dan inovasi agar lebih memudahkan pelaku usaha memproduksi produk halal lokal yang bersaing.

BRIN telah banyak menghasilkan riset dan inovasi untuk mendukung industri halal, terutama pada riset terapan.

“Metode pengemasan makanan, alat deteksi halal pada beberapa jenis pangan, alat deteksi alkohol, dan produk riset lainnya telah dilakukan BRIN,” tambah Hendrian.

Kepala Pusat Riset Teknologi dan Proses Pangan BRIN, Satriyo Krido Wahono menambahkan riset halal telah dilakukan di BRIN dengan fokus pendeteksian bahan dan inovasi pengembangan bahan substitusi.

“Ketika (bahan) masih mentah, sudah ada riset deteksi dan ada SNI-nya, analisis gold standard-nya sudah ada. Namun ketika sudah diolah, sudah mengalami perubahan struktur, ada kesulitan untuk mendeteksi. ini yang menjadi concern untuk dikembangkan lebih jauh,” ucap Satriyo.

“Target ke depan adalah bagaimana menghasilkan deteksi cepat namun zero tolerant (terhadap kandungan non halal). Ini yang menjadi tantangan untuk periset,” tandasnya.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*