Siswa SMK Merapat, Berikut 9 Beasiswa Kuliah Dalam Negeri untuk Siswa SMK, Tinggal Dipilih!




Siswa SMK. (Ist.)
Siswa SMK. (Ist.)

JAKARTA, KalderaNews.com – Jangan salah ya, siswa SMK juga bisa memperoleh beasiswa untuk kuliah S1 di dalam negeri. Berikut ini daftarnya!

Untuk beasiswa di dalam negeri, siswa SMK bisa mencoba KIP Kuliah, atau beasiswa dari perusahaan swasta. Dan tentu, setiap beasiswa pasti ada syarat dan ketentuan yang berlaku.

Maka, penting untuk mempersiapkan jauh hari sebelum mendaftarkan diri sebagai penerima beasiswa.

BACA JUGA:

Nah, berikut ini 9 beasiswa kuliah bagi siswa SMK di dalam negeri:

Beasiswa KIP Kuliah

Beasiswa ini merupakan beasiswa rutin yang dibuka pemerintah untuk mahasiswa program S1. Cakupan beasiswa ini meliputi biaya kuliah, biaya hidup bahkan kebutuhan studi lainnya.

Beasiswa S1 Tanoto Foundation

Tanoto Foundation bisa dijadikan referensi siswa SMK yang ingin kuliah S1 dengan beasiswa. Siswa yang mendaftar beasiswa Tanoto haruslah memiliki tujuan kuliah di universitas tertentu yang telah menjadi mitra pihak pemberi beasiswa.

Beasiswa S1 Amgen Scholars

Beasiswa ini bisa digunakan untuk perkuliahan S1 dalam negeri dan luar negeri. Siswa yang terpilih diwajibkan mengikuti pelatihan riset singkat di sejumlah negara Asia seperti Singapura, Jepang, dan Tiongkok.

Cakupan beasiswa Amgen Schilars antara lain biaya perjalanan, kebutuhan hidup dan tempat tinggal yang disediakan oleh Amgen Scholars.

Beasiswa S1 Etos ID

Beasiswa ini digelar Dompet Dhuafa dan menyasar para lulusan SMK, SMA sederajat yang akan melanjutkan perkuliahan dan masuk perguruan tinggi.

Cakupan beasiswa Etos ID ini mencakup biaya perkuliahan per semester hingga 4 tahun, uang saku, asrama mahasiswa selama 3 tahun, bantuan biaya penelitian (skripsi).

Beasiswa S1 Sea

Cakupan beasiswa S1 Sea ini meliputi biaya perkuliahan selama 4 tahun (semester 1 sampai semester 8), biaya hidup bulanan, kesempatan magang di anak bisnis Sea, seperti Garena, Shopee, dan Airpay program pengembangan dan masih banyak keuntungan lainnya.

Beasiswa PPA-BPP PPA

Beasiswa PPA atau Peningkatan Prestasi Akademik, serta BPP PPA, yakni Bantuan Biaya Pendidikan Peningkatan Prestasi Akademik yang keduanya dikelola oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek). Beasiswa ini memberikan uang saku sebesar Rp 350.000 per bulan

Beasiswa S1 Wardah

Beasiswa S1 Wardah menyasar para mahasiswa D4/S1 di beberapa universitas di Indonesia. Beasiswa ini dapat diaplikasi di tahun kedua (semester 3). Cakupan beasiswa ini adalah bantuan dana pendidikan tiap bulan hingga semester 8, pelatihan dan pengembangan diri dan kepemimpinan.

Beasiswa Unggulan Masyarakat Berprestasi

Selain mahasiswa baru yang bisa mendaftar beasiswa ini, mahasiswa yang telah aktif menjalani perkuliahan juga dapat mendaftar ke beasiswa ini.

Cakupan beasiswa Unggulan Masyarakat Berprestasi: biaya pendidikan, biaya hidup, biaya buku. Sesuai dengan namanya syarat mendaftar untuk beasiswa ini adalah prestasi entah itu prestasi akademik atau non akademik.

Beasiswa S1 Mahaghora

Beasiswa rutin tahunan ini merupakan beasiswa yang menyasar lulusan SMA/SMK sederajat kurang mampu yang akan melanjutkan studi ke jenjang S1. Cakupan beasiswa ini mencakup biaya pendaftaran kuliah, juga biaya kuliah dari semester 1 sampai dengan maksimal semester 8.

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*