University of Ulsan (UOU) Dinilai Leading, BRIN Teken 3 LoI Bidang Kimia

Ilustrasi: Riset LIPI untuk cegah penyebaran Covid-19. (Ist.)
Riset LIPI untuk cegah penyebaran Covid-19. (KalderaNews/Ist)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) dan University of Ulsan (UOU) Korea menandatangani 3 Letter of Intent (LoI) di Ruang Jirap, Lt. 3, Gedung BJ Habibie pada Selasa, 10 Januari 2023.

Ketiga LoI tersebut adalah LoI dengan Department of Chemistry University of Ulsan terkait kerja sama di bidang aktivitas riset di bidang kimia, Total-Period Analysis Center for Ulsan Chemical Industry University of Ulsan dalam kerja sama bidang analisis kimia, dan Chemical Industry Research Institute University of Ulsan untuk kerja sama di bidang riset industri kimia.

Kepala Organisasi Riset Energi dan Manufaktur (OREM) BRIN, Haznan Abimanyu, menyampaikan bahwa kerja sama dengan UOU ini sebenarnya sudah diinisiasi sebelumnya.

BACA JUGA:

“Tahun lalu ketika saya berkunjung ke University of Ulsan sekitar bulan Juli, saya bertemu dengan beberapa profesor dan saat ini dilanjutkan dengan postdoc dari BRIN yang ada di sana, sehingga lahirlah kerja sama yang sekarang ini ditandatangani, meskipun bukan kerja sama dalam bentuk perjanjian kerja sama atau MoU, itu menjadi bekal kita untuk melanjutkan kerja sama yang lain,” ungkapnya.

Haznan berharap LoI BRIN dan UOU di bidang kimia ini bisa berlanjut ke depannya. “Harapannya tentu kerja sama ini bukan yang terakhir, tetapi menjadi awal kerja sama dari berbagai bidang, kalau sekarang hanya chemistry atau kimia, tetapi bisa menjadi bidang-bidang lainnya,” ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Biro Hukum dan Kerja Sama BRIN, Mila Kencana, menerangkan bahwa kerja sama BRIN dengan University of Ulsan, rencana Memorandum of Understanding (MoU) atau payung kerja samanya, akan ditandatangani oleh Deputi Pemanfaatan Riset dan Inovasi (PRI) BRIN.

“Kerja sama ini akan memberikan kontribusi untuk kedua belah pihak, diketahui Ulsan cukup leading terkait riset dengan industri atau kimia dan engineering science, karena infonya juga mereka juga pemegang paten Hyundai,” ujar Mila.

Youngil Lee dari Chemical Industry Research Institute dan Total-Period Analysis Center for Ulsan Chemical Industry University of Ulsan berharap kolaborasi ini bisa dilanjutkan lebih lanjut dalam bentuk kerja sama legal lebih lanjut, agar ada benefit yang bisa dirasakan kedua belah pihak,” ucap Lee.

Cek Berita dan Artikel KalderaNews.com lainnya di Google News

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu!




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*