Tip Mempublikasi Karya Tulis Ilmiah di Jurnal Internasional

Ilustrasi mengumpulkan data untuk jurnal ilmiah (KalderaNews/Ist)
Ilustrasi mengumpulkan data untuk jurnal ilmiah (KalderaNews/Ist)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Peneliti Pusat Riset Biomassa dan Bioproduk, Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Prof. Dr. Widya Fatriasari berbagi pengetahuan dan pengalamannya dalam mempublikasi karya tulis ilmiah di jurnal internasional.

Ia menegaskan agar manuscript layak dipublikasikan, artikel harus memiliki ide yang menarik dan bermanfaat, original, memiliki ketertarikan yang luas di bidangnya, perlu diorganisasikan dan ditulis dengan baik, ringkas dan dapat di sempurnakan di masa depan.

BACA JUGA:

Lebih lanjut ia menjelaskan cara membangun ide adalah dengan cara membaca literatur, komunikasi dengan teman lalu membuat desain penelitian. Setelah melakukan riset, kemudian melakukan analisa data, smooting grafik dan gambar, membuat kerangka tulisan lalu menulis dan membacanya lagi.

Tahapan pembangunan penelitian dan publikasi menurut Widya, adalah dengan cara menetapkan target waktu penyelesaian keseluruhan rangkaian kegiatan penelitian, mem-break down tahapan pencapaian seluruh kegiatan dan target waktu masing-masing sub kegiatan, diskusi rencana dan target output ke tim penelitian, keterlibatan tim secara utuh dan monitoring kemajuan kegiatan serta komitmen diri sendiri untuk menyelesaikan draft.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*