300 Juta Lowongan Kerja Berpotensi Digantikan oleh AI

Chatgpt (Shutterstock)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com — Sebanyak 300 juta lowongan kerja penuh waktu di seluruh dunia dapat diotomatisasi dengan cara tertentu oleh gelombang terbaru kecerdasan buatan (Artificial Intelligence, AI) yang telah melahirkan platform seperti ChatGPT, menurut ekonom Goldman Sachs.

Mereka memperkirakan dalam sebuah laporan bahwa 18% pekerjaan secara global dapat dikomputerisasi, dengan efek yang terasa lebih dalam di ekonomi negara maju daripada di pasar negara berkembang.

Itu sebagian karena pekerja kerah putih dianggap lebih berisiko daripada pekerja manual. Pekerja administrasi dan pengacara diperkirakan paling terpengaruh, kata para ekonom, dibandingkan dengan “efek kecil” yang terlihat pada pekerjaan fisik atau pekerjaan di luar ruangan, seperti pekerjaan konstruksi.

Laporan itu, sebagaimana dinukil oleh CNN, mengatakan di Amerika Serikat dan Eropa, sekitar dua pertiga dari pekerjaan saat ini “terpapar pada tingkat tertentu otomatisasi AI”, dan hingga seperempat dari semua pekerjaan dapat dilakukan sepenuhnya oleh AI.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*