Anak Juga Butuh Privasi, Kecil-kecil Sudah Dibuatkan Akun Sosmed Pribadi?

Ibu dan Anaknya
Ibu dan Anaknya (Foto: Shutterstock)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Sharenting memang sedang ramai dilakukan oleh orang tua untuk buah hatinya yang sedang tumbuh dan berkembang. Tapi, apakah semua hal harus dibagikan di sosmed?

Pendidik anak usia dini di Rumah Main Cikal, Ina Winangsih menegaskan orang tua harus memperhatikan berbagai hal penting yang perlu diterapkan terkait privasi anak.

Anak juga punya privasi. Lantas apa saja hal tersebut?

BACA JUGA:

Berikut ini 4 hal penting yang wajib dipahami orang tua sebelum buat akun sosial media anak:

1). Apa Tujuan atau Alasannya?

Dalam membuat atau mendedikasikan akun sosial media khusus anak, orang tua alangkah baiknya merefleksikan dahulu tujuan dan/atau alasan membuat sosial media anak. Jika anak sudah memungkinkan atau sudah paham untuk diajak berdialog dan dimintai pendapatnya, maka tanyakan pendapat anak dan biarkan anak memilih sesuai dengan kenyamanannya.

“Sebaiknya orangtua memerhatikan peruntukan media sosial sebelum membuatkan akun untuk anaknya. Biarkan anak memilih untuk memiliki akun sosial media atau tidak, ketika dirinya sudah paham dan dapat menentukan. Sementara anak tumbuh, orang tua dapat menyimpan dokumentasi atau membuat catatan pribadi yang hanya dapat diakses oleh orang tua dan anak kelak,” jelas Ina.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*