Duh, Suhu yang Naik Sejak Tahun 1980 Ternyata Memang Tidak Pernah Turun Lagi

Ilustrasi: Tidak benar gelombang panas sedang terjadi di Indonesia. (KalderaNews.com/Ist.)
Ilustrasi: Tidak benar gelombang panas sedang terjadi di Indonesia. (KalderaNews.com/Ist.)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, Kalderanews.com – Peneliti Ahli Pusat Riset Iklim dan Atmosfer BRIN, Erma Yulihasti menegaskan sejak tahun 1980 sampai sekarang ini para ilmuwan dunia memperhatikan bahwa peningkatan suhu yang naik sejak tahun tersebut tidak pernah turun lagi.

Dari sinilah para ilmuwan kemudian menemukan bahwa konsentrasi CO2 menjadi jawaban atas tidak menurunnya temperatur global.

Erma menggambarkan bahwa sejak saat itu manusia tidak berada lagi pada ranah variabilitas iklim, melainkan ranah perubahan iklim.

BACA JUGA:

Perkiraan pemanasan global sampai dengan Februari 2023 adalah 1,21 derajat celsius dan karena kita ini sudah berada didomain perubahan iklim maka tidak akan pernah ada lagi penurunan dan itulah yang ingin diredam untuk memperlambat laju kenaikannya.

Lebih lanjut dirinya mengatakan bahwa setiap wilayah merespon perubahan iklim dengan berbeda-beda. Menurutnya, parameter apa yang paling sensitif berubah dan daerah mana yang paling sensitif adalah yang harus dipetakan.

“Kami di BRIN melakukan kajian itu sehingga pertama yang ingin kami lihat itu indikasinya kalau ada perubahan iklim berarti ada perubahan dipola musim dan pola cuaca. Itu yang ingin kami deteksi. Itu yang ingin kami kaji,” tuturnya.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*