22 April, Hari Bumi, Berikut Sejarah dan Tema Peringatannya

Ilustrasi: Peringatan Hari Bumi. (KalderaNews.com/Ist.)
Ilustrasi: Peringatan Hari Bumi. (KalderaNews.com/Ist.)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Setiap 22 April, masyarakat dunia merayakan Hari Bumi. Berikut sejarah dan tema peringatan Hari Bumi 2023.

Hari Bumi dirayakan untuk mengingatkan akan pentingnya melindungi Bumi dari hal-hal yang merugikan kelangsungan planet seperti polusi maupun penggundulan hutan.

BACA JUGA:

Saat momen Hari Bumi, siapapun bisa ikut ambil bagian melakukan berbagai aktivitas menjaga Bumi mulai dari hal-hal kecil seperti memungut sampah atau menanam pohon.

Sejarah Hari Bumi

Hari Bumi diperingati menandai lahirnya gerakan lingkungan modern pada tahun 1970.

Ide Hari Bumi bermula saat Senator AS bernama Gaylord Nelson pada tahun 1969 yang menyaksikan dampak dari tumpahnya minyak besar-besaran di Santa Barbara, California.

Karena hal tersebut, Nelson lantas menyerukan tindakan agar setiap orang di Amerika mengambil sikap untuk peduli terhadap lingkungan.

Pada 1970, Nelson menyerukan hal tersebut dan mendapat dukungan dari orang-orang di perguruan tinggi dan universitas di seluruh AS.

Hari Bumi kemudian dicetuskan diikuti turunnya berbagai kalangan untuk turun ke jalan melakukan aksi protes pada 22 April 1970.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*