Beasiswa Afirmasi Pendidikan Tinggi (ADiK) 2023 Dibuka, Bisa Daftar Di Sini!

Beasiswa Afimasi Pendidikan Tinggi (ADiK) 2023. (Ist.)
Beasiswa Afimasi Pendidikan Tinggi (ADiK) 2023. (Ist.)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Pendaftaran beasiswa Afirmasi Pendidikan Tinggi (ADiK) 2023 telah dibuka. Begini syarat dan manfaat yang didapat penerima.

Plt. Kepala Biro Kerja Sama dan Humas (BKHM) Kemendikbudristek, Anang Ristanto mengatakan, “Beasiswa ADiK dibuka mulai 19 Mei sampai dengan 19 Juni 2023.”

Pendaftaran beasiswa ADiK bisa dilakukan DI SINI.

BACA JUGA:

Beasiswa ADiK merupakan satu intevensi kebijakan pendidikan yang bersifat afirmasi dari pemerintah untuk mahasiswa di perguruan tinggi.

Beasiswa ini terbuka untuk mahasiswa tingkat DIII, DIV, S1, dan program profesi.

Pesertanya merupakan mahasiswa yang mengalami kondisi sulit, baik ekonomi maupun keterjangkauan akses perguruan tinggi.

Skema beasiswa ADiK diberikan kepada:

  • Siswa asal Papua dan Papua Barat baik yang direkomendasikan oleh pemerintah daerah, jalur siswa ADEM atau yang mendaftar secara mandiri.
  • Beasiswa bagi mahasiswa asal daerah khusus (3T).
  • Siswa anak TKI di perbatasan Indonesia.
  • Mahasiswa penyandang disabilitas.

Syarat beasiswa ADiK 2023

Berikut syarat yang harus dipenuhi ketika mendaftar beasiswa Afimasi Pendidikan Tinggi (ADiK) 2023:

  1. Warga negara Indonesia yang merupakan siswa SMA, SMK atau sederajat yang akan lulus pada tahun berjalan atau lulus 1 (satu) tahun sebelumnya.
  2. Terdaftar pada SIM ADik dengan kelengkapan data: Nomor Induk Kependudukan (NIK), Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), dan Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN).
  3. Berasal dari daerah terdepan, terluar, tertinggal (3T); atau Orang Asli Papua (OAP) sesuai dengan UU Nomor 21 Tahun 2001 tentang Otonomi Khusus Bagi Provinsi Papua atau anak TKI.
  4. Lulus seleksi pada semua jalur penerimaan mahasiswa baru di PTN atau PTS pada Prodi dengan Akreditasi A atau B, serta dimungkinkan dengan pertimbangan tertentu pada Prodi dengan Akreditasi C atau Lulus Tes Seleksi ADik (berbasis dokumen hasil akademik dan non akademik /raport) dengan ketentuan PT tujuan berikut: a). Calon penerima dari daerah 3T dan anak TKI dapat memilih PT di dalam maupun di luar provinsi. b). Calon penerima dari Wilayah Papua harus memilih PT di luar Provinsi Papua, Papua Barat, Papua Selatan, Papua Tengah, Papua Pegunungan dan Papua Barat Daya.
  5. Nilai rapor rata-rata untuk 6 (enam) mata pelajaran yang sesuai dengan jurusan untuk calon peserta seleksi minimal adalah 75.
  6. Pemeringkatan calon penerima untuk seleksi ADik berdasarkan nilai 6 mata pelajaran sebagai berikut: a). Jurusan IPA: Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Kimia, Fisika, dan Biologi; b). Jurusan IPS: Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Sosiologi, Ekonomi, dan Geografi; c). Jurusan Bahasa: Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Sastra Indonesia, Antropologi, dan salah satu Bahasa Asing; d). SMK: Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Kompetensi Keahlian (Teori Kejuruan dan Praktik Kejuruan).
  1. Siswa dapat memilih paling banyak dua perguruan tinggi, serta memilih paling banyak dua program studi pada masing- masing perguruan tinggi.
  2. Pilihan perguruan tinggi dan program studi menyatakan prioritas pilihan.
  3. Jika pilihan program studi dan perguruan tinggi tidak diterima, siswa dapat memberikan kewenangan kepada panitia seleksi untuk memilihkan program studi dan perguruan tinggi sesuai minat.
  4. Siswa yang sudah ditetapkan lulus seleksi Beasiswa ADik pada tahun sebelumnya tidak diperkenankan untuk mengikuti seleksi kembali.
  5. Dalam proses seleksi, penentuan penerimaan mahasiswa ADik dilakukan oleh pemimpin perguruan tinggi.

Manfaat beasiswa ADiK 2023

Penerima beasiswa ADiK 2023 akan mendapatkan beberapa manfaat seperti:

  1. Pembebasan biaya kuliah/pendidikan Beasiswa diberikan melalui perguruan tinggi setiap semester untuk membiayai operasional pendidikan yang berkaitan langsung dengan proses pembelajaran. Pembebasan biaya kuliah diberikan sesuai ketentuan lamanya waktu studi.
  2. Bantuan biaya hidup Penerima berhak mendapatkan biaya bantuan hidup per bulan yang diberikan secara langsung.
  3. Bantuan biaya transportasi keberangkatan Bantuan transportasi diberikan untuk akomodasi mulai dari bandara/terminal/pelabuhan asal ke perguruan tinggi bagi peserta yang berasal dari Provinsi Papua dan Papua Barat.

Untuk informasi lebih lengkap, kamu bisa cek langsung DI SINI.

Cek Berita dan Artikel KalderaNews.com lainnya di Google News




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*