Indonesia-Korsel Jajaki Kerjasama Sistem Peringatan Dini Tsunami

Alat Pendeteksi Tsunami
Ilustrasi alat pendeteksi tsunami
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Delegasi dari Korea Selatan melakukan penjajakan kerjasama sistem peringatan dini tsunami dengan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG). Penjajakan ini diawali dengan kunjungan ke Kantor BRIN untuk membahas potensi kerja sama dengan BMKG pada Selasa, 21 Juni 2023

Kedatangan delegasi yang dipimpin oleh Direktur Kim disambut oleh Mohamad Muslihhuddin selaku Kepala Biro Hukum dan Organisasi BMKG.

Kim Kwangryong selaku Direktur Divisi II Perlindungan Warga Negara Korea di Luar Negeri dan Head of Delegation mengungkapkan harapannya agar ada kerja sama yang lebih erat antara BMKG dan Korea Selatan dalam upaya meningkatkan kesiapsiagaan terhadap bencana.

BACA JUGA:

Dalam pertemuan tersebut BMKG juga memaparkan informasi terkait status terkini, jaringan sensor level laut, pemrosesan gempa bumi, serta sistem peringatan InaTEWS. Delegasi BMKG juga  mengajukan pertanyaan mengenai sistem peringatan bencana di Korea Selatan.

BMKG menjelaskan bahwa untuk penanganan kebencanaan di Indonesia dikoordinasikan oleh BNPB. Dalam Hal ini, BMKG bertangung jawab atas penyediaan informasi Dan peringatan dini di bidang Meteorologi, Klimatologi, dan geofisika




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*